5 Tips Menata Ruang Tamu Sempit Agar Fungsional dan Nyaman

Dengan luasan rumah yang terbatas, ada banyak cara untuk menata ruang tamu sempit agar bisa terasa lapang dan nyaman untuk ditinggali.

Dengan luasan rumah yang terbatas, ada banyak cara untuk menata ruang tamu sempit agar bisa terasa lapang dan nyaman untuk ditinggali. Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang baik, ruang tamu yang terbatas bisa diubah menjadi tempat yang nyaman dan fungsional.

Lalu bagaimana cara menata ruangan yang sempit agar nyaman ditinggali? Berikut ini beberapa saran untuk menata ruang tamu yang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman:

1. Pilih Furnitur yang Sesuai

Menata ruang tamu yang sempit bisa dimulai dari memilih furnitur yang proporsional dengan ukuran ruang tamumu. Hindari menggunakan furnitur yang terlalu besar yang akan membuat ruangan terasa sesak. Sebaliknya, pilih furnitur yang ramping dan ringan agar ruang tamu terlihat lebih terbuka.

2. Manfaatkan Furnitur Multifungsi

Menata Ruang Tamu Sempit (via Mega Kapuas)

Pilih furnitur yang memiliki fungsi ganda, seperti sofa dengan tempat penyimpanan di bawahnya atau meja kopi yang bisa dilipat. Cara ini bisa membantu menghemat ruang dan membuat ruang tamu lebih fungsional dan terlihat rapi.

3. Pilih Warna yang Cerah

Menata Ruang Tamu Sempit (via KOMPAS.COM)

Warna-warna cerah seperti putih, krem, atau abu-abu terang dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan lebih terang. Kamu juga dapat menambahkan sedikit sentuhan warna-warni dengan aksen dekoratif untuk membuat ruangan semakin hidup.

4. Atur Pencahayaan dan Gunakan Cermin

Menata Ruang Tamu Sempit (via Hai Bunda)

Agar ruangan tampak luas, gunakan lampu yang cerah dan hindari perabotan yang memblokir aliran cahaya. Pencahayaan yang baik dapat membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. Untuk membantu pencahayaan yang baik, kamu bisa menggunakan cermin. Cermin adalah alat yang sangat efektif untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Pasang cermin di dinding yang strategis untuk memantulkan cahaya dan menciptakan kedalaman visual.

5. Bersihkan dan Atur dengan Rapi

Menata Ruang Tamu Sempit (via Intiland)

Ruang tamu yang sempit akan terlihat lebih besar jika terorganisir dengan baik. Buang barang-barang yang tidak diperlukan dan selalu jaga agar ruangan tetap rapi. Pertimbangkan juga untuk memanfaatkan dinding untuk penyimpanan vertikal. Rak dinding atau rak gantung bisa menjadi solusi yang bagus untuk menyimpan barang-barang tanpa menghabiskan banyak ruang .

Demikian beberapa  trik yang bisa diterapkan agar hunianmu lebih nyaman. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menata ruang tamu sempitmu menjadi terlihat lebih luas, nyaman, dan menyenangkan untuk dihuni. Hal terpenting, ingatlah untuk tetap fleksibel dan kreatif dalam menata ruanganmu  sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadimu.

Menata Ruang Tamu Sempit (via iDEA)