Ternyata Juga Bermanfaat, Inilah 5 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Banyak yang belum tahu jika selain sebagai bumbu masak, manfaat bunga lawang bagi kesehatan tubuh sudah diakui secara luas dalam dunia pengobatan herbal.

Bagi kamu yang sering memasak makanan dengan rasa rempah yang kuat, pasti sudah tidak asing dengan bunga lawang. Rempah yang sering digunakan di masakan kari, rendang hingga gulai ini memberikan aroma masakan yang khas.

Namun, banyak yang belum tahu jika selain sebagai bumbu masak, manfaat bunga lawang bagi kesehatan tubuh sudah diakui secara luas dalam dunia pengobatan herbal. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak bersama informasinya!

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bunga lawang memiliki sifat antimikroba dan antispasmodik yang dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti kram perut, gas, hingga mual. Dengan meminum teh atau ekstrak bunga lawang, kamu dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

2. Membantu Pemulihan Flu dan Batuk

Manfaat Bunga Lawang (via Merdeka.com)

Bunga lawang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala flu dan batuk. Kandungan antiseptik dan antiinflamasi dalam bunga lawang dapat membantu meringankan gejala-gejala flu dan mempercepat proses pemulihan.

3. Antijamur dan Antibakteri

Manfaat Bunga Lawang (via Alodokter)

Ekstrak tanaman ini secara alami memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang mengandung empat senyawa antimikroba yang efektif melawan sekitar 70 strain bakteri yang resisten terhadap obat. Dengan begitu, bunga lawang dapat menambah perlindungan alami terhadap infeksi jamur dan bakteri bagi tubuh.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Bunga Lawang (via Puskesmas Kuta Selatan - Pemkab Bandung)

Manfaat bunga lawang yang kaya akan antioksidan, dapat membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kamu dapat membantu tubuhmu tetap sehat dan melawan berbagai penyakit.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat Bunga Lawang (via Anlene)

Dengan sifat penenang ringan yang dimilikinya, bunga lawang dapat membantu menenangkan saraf dan memperbaiki kualitas tidur. Mengonsumsi teh ekstrak bunga lawang secara teratur dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Itulah beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan. Kamu bisa menggunakan manfaat kekuatan bahan herbal ini sebagai bagian dari usaha meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Lawang (via Puskesmas Kuta Selatan - Pemkab Bandung)