6 Tips untuk Mempersiapkan Dana Pernikahan

Dana untuk pernikahan salah satu aspek paling penting untuk dipersiapkan. Tapi bagaimana caranya agar lebih efektif?

Dalam merencanakan pesta pernikahan , salah satu aspek yang paling penting untuk dipersiapkan adalah dana pernikahan. Menyusun anggaran dengan bijak dan realistis serta mempersiapkan dana dengan tepat adalah langkah penting untuk memastikan bahwa acara pernikahan bisa berjalan lancar tanpa stres keuangan yang berlebihan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara agar kamu mempersiapkan dana pernikahan dengan baik:

1. Buat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama dalam mempersiapkan dana pernikahan adalah membuat anggaran yang realistis. Kamu harus memiliki gambaran acara pernikahan seperti apa yang ingin kamu jalani. Ingatlah untuk tidak memaksakan dan membebani keuanganmu dengan pesta pernikahan yang sebenarnya tidak mampu kamu biayai dengan kondisi keuanganmu saat ini.

Setelah memiliki perkiraan, sesuaikan dengan posisi keuanganmu sekarang. Evaluasi sumber finansialmu dan pasangan serta tentukan berapa yang bisa kamu alokasikan untuk setiap aspek pernikahan, seperti tempat, dekorasi, dan catering. 

2. Mulai Menabung Sejak Dini

Dana Pernikahan (via Bridestory)

Semakin awal kamu mulai menabung, semakin baik. Sisihkan sebagian dari pendapatan bulananmu untuk tabungan pernikahan. Meskipun jumlahnya kecil, tetapi hal ini akan membantu kamu membangun dana yang cukup tanpa memberatkan keuanganmu secara drastis.

3. Buat Tabungan Khusus

Dana Pernikahan (via Prudential Indonesia)

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan dana pernikahan adalah dengan membuka tabungan khusus yang diperuntukkan hanya untuk biaya pernikahan. Pisahkan dana ini dari tabungan lainnya agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya untuk keperluan lain. Jika perlu, kamu tidak perlu membuat kartu ATM untuk tabungan ini.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Dana Pernikahan (via AkuPaham)

Jika memungkinkan, carilah cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan untuk membiayai pernikahanmu. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan, menjadi reseller atau berkolaborasi bisnis bersama teman.

5. Sisihkan Dana Tambahan

Dana Pernikahan (via Blog Amartha)

Perlu kamu ingat, pernikahan justru baru dimulai di hari perayaan yang telah kamu rencanakan. Karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan kehidupanmu setelah pesta pernikahan, seperti bulan madu, biaya sewa tempat tinggal atau membeli perabotan rumah. Pastikan untuk menyisihkan dana tambahan untuk mengatasi kebutuhan pasca pernikahan.

6. Bekerja Sama dengan Pasangan

Dana Pernikahan (via Herworld)

Yang terpenting, libatkan pasanganmu dalam perencanaan keuangan pernikahan. Diskusikan bersama tentang prioritas, harapan, dan kekhawatiran masing-masing sehingga kamu dapat membuat keputusan yang bijaksana bersama.

Mempersiapkan dana pernikahan  bisa dilakukan jangka panjang sehingga tidak memberatkan. Dengan perencanaan yang baik dan disiplin keuangan, kamu dapat memiliki pesta pernikahan yang realistis tanpa beban keuangan yang berlebihan. Ingatlah bahwa pernikahan itu tentang cinta dan komitmen, bukan seberapa mahal pesta yang kamu adakan.

Dana Pernikahan (via Femina)