Tips Agar Henna Tidak Mudah Pudar, Cerah dan Tahan Lama

Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan tangan, tentu perlu tips khusus agar henna tidak mudah pudar, tahan lama dan terlihat cerah.

Menggunakan henna di hari-hari besar untuk mempercantik pergelangan tangan memang sudah bukan hal yang aneh. Bahkan, sekarang sudah banyak yang menggunakan henna sebagai pemanis tangan saat berkegiatan sehari-hari. 

Meski demikian, dengan berbagai aktivitas yang dilakukan tangan, tentu kamu perlu memahami beberapa tips henna tidak mudah pudar, tahan lama dan terlihat cerah. Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti beberapa cara sederhana ini untuk mempertahankan keindahan henna lebih lama. Yuk simak!

1. Pilih Henna Berkualitas

Menggunakan produk asal-asalan hanya akan membuatmu repot sendiri. Karenanya, langkah pertama yang sangat penting adalah memastikan kamu menggunakan henna berkualitas tinggi. Pastikan henna yang kamu beli berkualitas baik dan bebas dari bahan kimia tambahan yang dapat memengaruhi daya tahan warnanya.

2. Persiapkan Kulit

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via Suara.com)

Sebelum mengaplikasikan henna, kamu bisa mempersiapkan kulit dengan cara mengaplikasikan minyak nabati di permukaan yang akan digambar henna. Cara ini untuk memastikan kulit lembap dan henna bisa meresap sempurna ke kulit.

3. Biarkan Henna Mengering Sepenuhnya

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via Brilio.net)

Setelah mengaplikasikan henna, pastikan kamu membiarkannya mengering sepenuhnya sebelum menyentuh atau mencucinya. Biarkan henna tetap di kulit selama beberapa jam agar pewarna alaminya menyerap dengan baik sehingga henna tidak mudah pudar.

Selain itu selama pengeringan, hindari kontak dengan air selama beberapa jam berikutnya. Air dapat mengganggu proses penyerapan warna henna dan bisa lebih cepat memudarkan.

4. Gunakan Minyak Zaitun atau Lemon

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via Wolipop)

Setelah mengering dan menghapus henna kering, oleskan minyak zaitun atau perasan lemon tipis-tipis di atas henna. Ini membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi warna henna dari pemudaran

5. Cuci Tangan dengan Lembut

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via Radar Pekalongan)

Saat mencuci tangan atau bagian tubuh yang dihenna, hindari penggunaan sabun keras atau pembersih yang mengandung bahan kimia yang kuat. Gunakan sabun ringan dan air hangat untuk membersihkan kulit dengan lembut.

6. Reaplikasi Secara Berkala

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via IDN Times)

Agar warna henna tetap cerah dan tahan lama, kamu dapat melakukan reaplikasi secara berkala. Khususnya jika kamu memiliki acara penting selama berhari-hari, pengaplikasian ulang akan membuat warna henna tetap kuat untuk waktu yang lebih lama.

Dengan mengikuti tips henna  tidak mudah pudar di atas, kamu bisa mempertahankan agar henna mudah memudar, warna tetap kuat, dan tahan lama. Cara tersebut bisa diterapkan dalam berbagai acara, termasuk pernikahan, agar penampilanmu semakin cetar dan mengesankan. Semoga tips ini membantu!

Tips Henna Tidak Mudah Pudar (via DokterSehat)