4 Negara yang Menolak Paspor Israel, Apakah Indonesia Termasuk?

Ternyata Isreal juga pernah berseteru dengan negara-negara tetangganya. Karena itu, tidak heran jika ada sejumlah negara yang menolak paspor Israel.

Israel  saat ini tengah menjadi sorotan dunia karena gerakan agresi militer ke Palestina yang tidak ada hentinya. Bahkan sebelum ini, Isreal juga pernah berseteru dengan negara-negara tetangganya.

Karena itu, tidak heran jika ada sejumlah negara yang menolak paspor Israel. Lantas, negara mana saja yang tidak mengizinkan warga negara Israel berkunjung ke negaranya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Aljazair

Negara pertama yang menolak paspor Israel adalah Aljazair. Negara ini merupakan salah satu negara di dunia yang paling menolak menormalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020.

Aljazair diketahui menentang kesepakatan Amerika Serikat, Maroko, dan Israel yang memperdagangkan normalisasi demi mendapatkan pengakuan atas kedaulatan Maroko dan Sahara Barat. Hal inilah yang membuat pemerintah Aljazair menolak kedatangan warga Israel ke negaranya.

2. Brunei Darussalam

Negara yang Menolak Paspor Israel (via IDN Times)

Negara kedua yang menolak paspor Israel adalah Brunei Darussalam. Bagi warga Israel yang memaksa masuk ke negara tersebut, jika ketahuan, maka orang yang bersangkutan akan langsung dideportasi dari Brunei Darussalam.

3. Arab Saudi

Diketahui, Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Tidak hanya itu, pemerintah Arab Saudi juga menyatakan bahwa warga Israel sama sekali tidak diterima di negaranya. Cukup keras ya.

4. Malaysia

Negara yang Menolak Paspor Israel (via Dream.co.id)

Siapa yang menyangka kalau ternyata Negeri Jiran Malaysia juga menolak paspor Israel. Diketahui, pada tahu 2022 sempat terdengar kabar, bahwa Nas Daily, seorang vlogger asal Israel babas keluar masuk negara Malaysia secara ilegal.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Direktur Jenderal Imigrasi Datuk Seri Khairul Dzaimee Daud. Disebutkan bahwa vlogger tersebut menggunakan paspor Israel maka dipastikan dia tidak akan bisa masuk Malaysia.

"Jika dia menggunakan paspor yang bersangkutan (Israel) dia tidak akan melewati pintu masuk negara tersebut karena kita tahu Malaysia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel." ungkap Direktur Jenderal Imigrasi Datuk Seri Khairul Dzaimee Daud, dikutip dari Malay Mail melalui CNNIndonesia.

Lantas, apa Indonesia termasuk negara yang menolak paspor Israel? Meski Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, tetapi pemerintah Indonesia bukan termasuk negara yang menolak paspor Israel. Biasanya warga Israel akan menggunakan kewarganegaraan kedua untuk mengajukan visa ke negara yang tak memiliki hubungan dengan Israel, termasuk saat ke Indonesia.

Meski demikian, Indonesia adalah salah satu negara yang menentang agresi Israel  ke Palestina. Bahkan Tanah Air kita adalah salah satu kawasan paling getol memberikan bantuan serta cukup vokal menyuarakan aksi boikot Israel dan produk-produk yang mendukungnya.

Negara yang Menolak Paspor Israel (via detikcom)