Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Alasan Kenapa Membacakan Buku untuk Bayi itu Penting Sekali

Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Alasan Kenapa Membacakan Buku untuk Bayi itu Penting Sekali

Meskipun bayimu yang baru lahir dan tidak dapat memegang buku atau tidak mengetahui huruf-huruf alfabet, bukan berarti kamu tidak perlu memperkenalkan mereka pada keajaiban buku. Faktanya, membacakan buku untuk bayi memberikan landasan yang mereka perlukan untuk perkembangan bahasa serta membekali mereka dengan alat yang mereka perlukan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

Terlebih lagi, sebuah penelitian pada tahun 2019 menemukan bahwa bayi yang dibacakan setiap hari terpapar sekitar 78.000 kata setiap tahunnya. Artinya, anak-anak yang gemar membaca, sejak lahir hingga usia 5 tahun, dihadapkan pada 1,4 juta kata selama waktu bercerita.

Pemaparan tersebut berdampak langsung pada keterampilan bahasa mereka di masa depan dan merupakan salah satu cara termudah bagi orang tua untuk mengatur kata-kata mereka untuk kesuksesan akademis.

Melatih Perkembangan Otak Bayi dengan Buku (klasika.kompas.id)

# Manfaat Membacakan Buku untuk Perkembangan Bayi

Membaca buku membantu perkembangan bayi dalam beberapa cara. Bayimu tidak hanya mengenal berbagai suara dan kata, tetapi juga bisa tumbuh mencintai buku dan minat membaca. Selain itu, membaca buku merangsang imajinasi bayi dan membantunya belajar tentang dunia di sekitarnya.

Meskipun bayimu mungkin belum bisa berbicara, bukan berarti ia tidak belajar. Faktanya, sejak lahir, bayi memulai perjalanan besar dalam belajar berbicara, kata Heather Turner, M.Ed., seorang tutor membaca dan mantan guru bahasa Inggris di sekolah menengah atas dengan sertifikasi sains membaca.

Membacakan buku sejak bayi baru lahir (review.bukalapak.com)

Pada tahun pertama kehidupannya, otak mereka berkembang lebih pesat dibandingkan tahun-tahun lainnya dalam hidup mereka. Saat bayi dibacakan, mereka mempelajari bunyi bahasa, makna yang terkait dengan kata-kata, dan elemen komunikasi sosial yang indah.

Membacakan buku untuk bayi (bahkan bayi baru lahir) dan anak-anak dapat memperkenalkan kosa kata dan struktur kalimat yang tidak biasa, serta unsur-unsur seperti rima dan pengulangan, yang merupakan prasyarat penting bagi pembaca. Seperti yang diketahui setiap orang tua, rutinitas itu penting, dan membangun nilai serta kebiasaan membaca sejak awal adalah salah satu cara terbaik bagi orang tua untuk mempersiapkan anak mereka agar sukses, tidak hanya di bidang akademis tetapi juga di bidang kesehatan sosial dan mental.

Menanamkan kecintaan membaca sejak dini (kiddo.id)