Alergi Hingga Jamur, 4 Penyebab Ruam Ketiak yang Kita Jarang Tahu

Penyebab ruam ketiak ternyata bisa berbagai macam, mulai dari alergi hingga jamur. Kira-kira Apa saja ya?

Pernah nggak sih kamu merasa gatal pada ketiak? Wah, jangan-jangan kamu sedang mengalami ruam ketiak. Sayangnya penyebab ruam ketiak seringkali diabaikan dan hanya dianggap hal biasa yang nanti akan sembuh sendirinya.

Padahal ruam ketiak yang tidak diobati bisa sangat mengganggu. Bahkan jika rasa gatalnya sudah tidak tertahankan, maka kamu bisa tanpa sadar menggaruk ketiak hingga terluka. Maka dari itu, yuk kenali apa saja penyebab ruam ketiak, agar ketika kamu mengalami gejalanya, kamu bisa segera mengatasinya.

1. Alergi

Penyebab pertama ketiak mengalami ruam adalah karena alergi. Kondisi ini bisa membuat ketiak terasa gatal hingga kemerahan. Umumnya alergi muncul karena pemakaian sesuatu yang memicu iritasi, seperti sabun, parfum, detergen, deodoran, atau besi alat cukur yang bersentuhan dengan kulit ketiak. Bisa juga karena bahan dari produk tersebut yang mengandung alkohol.

2. Kepanasan

Penyebab Ruam Ketiak (via Kompas Health)

Selain karena alergi, kulit ketiak juga bisa mengalami ruam ketika terpapar panas, terutama pada waktu yang lama. Pada kondisi yang panas, saluran keringat di ketiak tidak bisa bernapas, sehingga saluran tersebut menjebak keringat di bawah kulit dan menimbulkan bentol dan benjolan.

3. Rambut Tumbuh

Penyebab Ruam Ketiak (via Alodokter)

Selanjutnya, ruam pada ketiak juga bisa terjadi karena adanya pertumbuhan rambut. Hal ini karena tubuh menganggap rambut yang tumbuh adalah benda asing.  Sebagai reaksinya, muncullah benjolan merah di sekitar rambut yang menyebabkan gatal atau nyeri.

4. Infeksi Jamur

Penyebab Ruam Ketiak (via Koran Mandala)

Terakhir, ruam pada ketiak juga bisa terjadi karena adanya candida, yakni jamur yang tumbuh pada area hangat dan lembab seperti ketiak.  Umumnya orang-orang yang mengalami infeksi jamur pada ketiak memiliki masalah kelebihan berat badan, mengidap diabetes, atau karena penggunaan antibiotik. Infeksi jamur pada bisa ketiak ditandai dengan bercak merah yang dikelilingi benjolan merah kecil yang terasa gatal dan berbau tidak sedap.

Baru saja kita sudah memahami beberapa penyebab ruam ketiak yang masih jarang diketahui. Dalam beberapa kasus, ruam ketiak memang bisa reda dengan sendirinya. Namun, jika tidak kunjung reda, sebaiknya gunakan obat-obatan topikal dan ubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Penyebab Ruam Ketiak (via Koran Liputan6.com)