Cara Merasa Lebih Bahagia Dibanding Tahun Sebelumnya, Lakukan yang Terbaik!

Cara merasa lebih bahagia bisa kamu pilih sebagai penyemangat di awal tahun ini. Meski nggak selalu bahagia, coba deh lakukan yang terbaik. Ikuti ya!

Melakukan yang terbaik tentu menjadi semangat setiap orang ketika memulai hari baru. Nggak bisa dipungkiri bahwa hidup tuh bukan seperti soal pilihan ganda. Hidup punya pola yang kadang tak terduga. Tapi, setiap orang punya cara merasa lebih bahagia. Nah, di awal tahun yang baru ini, kamu mesti menyiapkan cara-cara yang bisa meningkatkan semangatmu. 

Ya, bahagia memang harapan setiap orang, tapi nggak setiap orang bisa melakukan yang terbaik. Kamu yang terbaik? Lakukan 7 cara ini.

1. Arsipkan dalam tulisan

Mengarsipkan setiap pikiran dan perasaan dalam tulisan biasa disebut dengan jurnal. Jika berpikir jurnal cuma kebutuhan akademis atau pekerjaan, maka keliru. Jurnal pribadi sangat diperlukan. Selain membagi ingatan dan tersimpan dengan rapi dengan tulisan tanganmu sendiri. Arsip dalam tulisan merupakan catu cara untuk menjaga kesehatan mental. Meskipun waktu berlari cepat, kamu masih tetap bisa melihat progres dari hidupmu lewat arsip tulisan ini. Dan, ketika kemu menemukan selangkah lebih maju, kamu akan merasa lebih bahagia. 

2. Berteman dan berbagi

Berbagi bukan cuma material lho. Berbagi cerita akan berharga ditengah kesibukan. Di tempat kerja atau kuliah, setiap orang akan mencari tujuannya masing-masing. Ketika jam 'serius' usai, coba cara merasa lebih bahagia ini. Dengan berbagi dan berteman. Jaga hubungan pertemanan dan buat perbincangan bermakna. Cara ini cukup sederhana, tetapi efeknya luar biasa. 

3. Simpan dalam foto

Setiap hari, seseorang bisa menemukan situasi, peristiwa dan benda-benda yang bikin lebih termotivasi. Cara merasa lebih bahagia ini nggak kalah sederhana dari sebelumnya. Kamu bisa menyimpan peristiwa, situasi dan benda-benda yang membuatmu termotivasi. Misalnya, tanaman yang berbunga dan laba-laba yang bersarang di daunnya. Mungkin sesederhana itu kehidupan, menikmati keindahan terkecil.

Arsip harian (pinterest.com)

4. Buat rencana

Rencana ke depan bisa dengan memperbaiki rencana tahun lalu yang belum dilakukan. Atau, kamu bisa membuat rencana yang lebih potensial dan realistis. Dengan mengevaluasi rencana tahun lalu dan memperbarui rencana ke depan, maka kamu telah belajar dari masa lalu. Selalu berpikir bahwa rencana yang tertunda itu sedang mencari jalannya. Berpikirlah positif!

5. Buat prioritas

Biasakan membuat prioritas. Arsipkan dalam tulisan setiap malam hari di rumah. Atasi rasa bosan dan tugas-tugas yang menumpuk dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya duduk diam dan rileks. Catat prioritas yang akan dilakukan esok hari, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Menyimpan foto di laptop (everbrave.ca)

6. Membeli barang baru

Rencanakan juga membeli barang baru yagn bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, membeli vacuum cleaner. Alat pembersih ini bisa sangat bermanfaat buat kamu yang punya kesibukan dan nggak punya banyak waktu buat bersih-bersih. Lakukan juga belanja makanan untuk stock di kulkas. Cara merasa lebih bahagia yang menyenangkan bukan?

7. Bersyukur

Ingat, bersyukur itu bisa melemaskan otot yang tegang. Rasa kecema, ambisi yang tinggi dan mimpi yang belum terpenuhi patut untuk disyukuri. Tulis tiga hal yang kamu syukuri setiap harinya. Maka kamu akan merasakan betapa banyak kebaikan telah menghampirimu.

Wanita dan secangkir teh (hunterandbligh.com.au)

Siap melakukan yang terbaik tahun ini? Semangat ya!

Bersyukur (psychologytoday.com)