Menelusuri Sejarah Lisa, Komputer Apple yang Lahir Tahun 1983

Menelusuri Sejarah Lisa, Komputer Apple yang Lahir Tahun 1983

Pada 19 Januari 1983, Lisa, komputer pribadi komersial pertama dari Apple lahir. Sebelumnya, Lisa menampilkan monitor putih kokoh, keyboard putih, mouse persegi, drive floppy ganda, dan label harga yang sangat tinggi. Awalnya, Lisa dijual seharga $ 9.995 atau setara Rp143.428.250. Penjualan Lisa saat itu tak begitu berhasil.

Dengan harga setinggi itu, setara dengan sekitar $25.000 saat ini (atau RP358.750.000). Komputer ini diperparah oleh hard drive 5 megabyte yang relatif kecil dan terutama disket “Twiggy” yang tidak dapat diandalkan.

Menyusul penjualannya yang lesu, salah satu pendiri Apple Steve Jobs, dikeluarkan dari proyek. Padahal ia adalah sosok yang telah mempelopori pengembangan Lisa yang bernilai jutaan dolar. Steve Jobs kemudian dipindahkan untuk mengerjakan Macintosh.

Komputer Apple yang dirilis 38 tahun lalu (tekno.kompas.com)

# Komputer Mac Dirilis Tahun 1984

Komputer Mac yang lebih murah (dan kurang gesit secara teknis) dirilis pada tahun 1984 dan dengan cepat melampaui penjualan Lisa. 

Tetapi Lisa sebenarnya adalah mesin yang cukup revolusioner, meskipun harganya sangat mahal. Sebab komputer ini menampilkan sistem file canggih dan memori yang dilindungi untuk sistem operasinya, sistem yang membuka jalan bagi macOS yang saat ini banyak digunakan.

Nama Lisa memiliki arti "Arsitektur Perangkat Lunak Terintegrasi Lokal." Selain itu nama Lisa juga diambil dari nama putri Steve Jobs yang lahir pada tahun 1978, tahun ketika proyek dimulai.

 

Dua model komputer Lisa (mac-history.net)

# Inovasi Apple dengan Lisa

Dua tahun kemudian, Apple berinovasi dengan OG Lisa dan merilis Lisa II, yang menggunakan satu microfloppy Sony 400k dan dihargai lebih rendah; antara $3.495 (Rp50.154.123) dan $5.495 (Rp78.854.623).

Lisa tak banyak diproduksi dan dijual di pasar. Itu yang menjadikan komputer ini sebenarnya adalah barang kolektor di antara para pecinta produk Apple. 

Hanya ada sekitar 100.000 Lisa asli yang pernah dibuat. Apple Museum menjelaskan bahwa Lisa asli sering ditingkatkan secara gratis ke Lisa 2. Sehingga sangat jarang kamu dapat menemukan model yang berfungsi dengan komponen aslinya.

Gemey juga tampilan Lisa si komputer Apple jadul ini. 

Macintos Pertama (computerworld.com)