Jadi Momok Kaum Perempuan, Yuk Kenali Gejala Kanker Vulva!

Selain kanker serviks dan payudara, para wanita juga harus waspada terhadap kanker vulva. Apa saja gejalanya? Yuk kita simak!

Selain kanker serviks, gejala kanker vulva juga harus dipahami dengan baik oleh para perempuan. Vulva merupakan area kulit yang mengelilingi vagina dan kanker vulva terjadi pada permukaan luar organ genital. Kanker vulva bisa terjadi pada perempuan di segala usia, tetapi paling sering terjadi pada perempuan dewasa yang lebih tua.

Penyebab kanker vulva sendiri belum bisa diketahui secara pasti. Namun sejumlah penelitian menyebutkan, bahwa sekitar 30-40%, kasus kanker vulva dikaitkan dengan HPV (Human Papillomavirus) dan kondisi gen penekan tumor. Hal itulah yang menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Agar kita bisa mencegah dan mengatasi kanker vulva. Yuk, kenali seperti apa saja gejalanya!

1. Muncul Benjolan

Mengutip laman Halodoc, gejala awal kanker vulva ditandai dengan munculnya benjolan atau ulserasi yang kemungkinan bisa disertai dengan rasa gatal, iritasi, atau pendarahan.

Gejala Kanker Vulva (via BeautyPlus Clinic)

2. Pendarahan Pada Vagina

Sementara, mengutip laman Hellosehat, selain muncul benjolan, kanker vulva juga bisa ditandai dengan pendarahan pada vagina yang tidak biasa. Pendarahan ini bisa terjadi setelah berhubungan seksual atau setelah seseorang mengalami menopause.

Gejala Kanker Vulva (via Halodoc)

3. Sakit Saat Buang Air Kecil

Selanjutnya, kanker vulva juga bisa ditandai dengan gejala buang air yang terasa menyakitkan. Bahkan saat buang air kecil, hanya sedikit urine yang dikeluarkan. Tidak normal seperti biasanya. Selain ketiga gejala yang sudah disebutkan tadi, kanker vulva juga bisa ditandai dengan gejala keputihan yang encer, sering mengalami sembelit, dan panggul terasa nyeri yang tidak biasa.

Setiap orang mungkin merasakan gejala yang berbeda-beda. Karena itu, jika kamu merasakan beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar gejala kanker vulva bisa segera diatasi.

Gejala Kanker Vulva (via Kompas Health)