7 Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit, Ternyata Sehebat Itu Loh!

7 Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit, Ternyata Sehebat Itu Loh!

Kopi dikenal sebagai minuman berkafein yang dapat kamu andalkan untuk membuatmu berenergi di pagi hari. Menariknya, ternyata kopi memiliki banyak kegunaan lain yang jarang kita manfaatkan. Salah satunya untuk kulit.

Selain meningkatkan energi dan metabolisme, kopi juga kaya akan antioksidan. Sehingga ia bisa jadi nutrisi alami untuk kulit jika kamu dioleskan langsung ke kulit.

Berikut ini 7 manfaat ampas kopi untuk kulit yang perlu kamu tahu!

1. EXFOLIANT ALAMI

Daripada membuang ampas kopi setelah menikmati kopi, gunakanlah ampas tersebut untuk scrub kulit! Menggosokkan butiran kopi ke kulit akan membantumu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi. Kamu bahkan bisa menggunakan ampas kopi untuk perawatan bibir pecah-pecah. Misalnya dengan campuran ampas kopi dengan minyak kelapa

2. MENGURANGI LINGKARAN GELAP DI BAWAH MATA

Jika kamu benci melihat lingkaran hitam di bawah mata, kopi bisa membantu! Kopi tidak hanya meningkatkan energi, tetapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi dan mengencangkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat matamu terlihat lebih cerah.

Lulur kopi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati (jakartanotebook.com)

3. RAMUAN ANTI-AGING

Jika kamu tidak suka dengan beberapa tanda penuaan yang terlihat seperti garis halus, bintik matahari, dan kemerahan, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menguranginya. 

4. MENENANGKAN 

Selain mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, kopi juga bisa membantu menghilangkan bengkak. Kafein dapat membantumu menghilangkan kantung di bawah mata dengan cara mengecilkan pembuluh darah. Karena kantung mata disebabkan oleh saluran limfatik yang tidak mudah mengalir, kualitas diuretik kopi dapat membantu menghilangkan air yang mungkin menyebabkan peradangan.

5. MENGURANGI SELULIT

Ampas kopi untuk lingkaran hitam bawah mata (editorial.femaledaily.com)

Kamu bisa menghaluskan tampilan selulit dengan scrub kopi eksfoliasi. Kafein berperan penting dalam mengurangi selulit dengan melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah, sehingga menciptakan penampilan yang lebih merata dan montok. Gosokkan bubuk kopi ke kulit dengan gerakan memutar untuk meningkatkan sirkulasi.

6. MENCEGAH KANKER KULIT

Kopi dikenal kaya akan sumber vitamin B3 (niasin), yang diperoleh dari biji kopi setelah disangrai. Yayasan Kanker Kulit telah melaporkan bahwa niacin dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker kulit, dan sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir sehari, mengurangi risiko terkena kanker kulit nonmelanoma sebesar 20%.

7. PERAWATAN SETELAH TERSENGAT MATAHARI

Kopi juga bisa digunakan untuk menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari. Caranya dengan menyeduh secangkir kopi dan encerkan dengan air dingin. Gunakan kain kain atau handuk kertas untuk menyerap air. Peras sisa air lalu letakkan handuk di area tersebut. Ulangi cara ini sesering yang diperlukan sampai pedih sengatan matahari selesai.

Itu tadi 7 manfaat kopi yang bisa membuat kulitmu terjaga dan sehat selalu. Selamat memanfaatkan ampas kopi di rumah!

Amapas kopi bisa juga digunakan untuk mengurangi selulit (sumsel.tribunnes.com)