Bolehkah Kita Tidur Masih Mengenakan Perhiasan? Ternyata Ini Jawabnya!

Bolehkah Kita Tidur Masih Mengenakan Perhiasan? Ternyata Ini Jawabnya!

Kamu mungkin memiliki beberapa koleksi perhiasan yang hampir tak pernah kamu lepaskan. Entah itu cincin kawin atau pertunangan, kalung favorit, anting berusia sangat tua, atau gelang. Rasanya sudah nyaman aja, mengenakan itu setiap saat.

Lantas, haruskah kita melepaskan semua perhiasan kita sebelum tidur?

Jawabannya berbeda-beda tergantung pada perhiasan yang dimaksud. Kebanyakan perhiasan perak sederhana tidak akan rusak saat dikenakan saat tidur, namun ada beberapa perhiasan yang sebaiknya dilepas sebelum kamu tidur.

# Perhiasan yang Harus Dilepas Sebelum Tidur

Nah, di bawah ini adalah beberapa perhiasan yang harus dilepas sebelum tidur karena berbagai alasan:

1. Perhiasan berlapis emas atau emas vermeil

Perhiasan berlapis emas atau emas vermeil harus dilepas sebelum tidur. Sebab perhiasan jenis ini rentan terhadap kerusakan akibat efek bahan kimia yang terkandung dalam riasan, parfum, pelembab, dan minyak tubuh, serta minyak alami yang dihasilkan kulit Anda. Tidur dengan perhiasan berlapis emas bukanlah ide yang baik, karena kontak terus-menerus dapat melemahkan lapisan pelapisnya. Hal ini tidak akan terjadi dalam semalam, namun melepas perhiasan sebelum tidur akan memperpanjang umur perhiasanmu dan menjaganya tetap terlihat segar lebih lama.

2. Cincin pertunangan/cincin dengan batu permata

Perbedaan telinga yang selalu mengenakan anting dengan yang hanya mengenakan jika pergi (brightside.me)

Hal yang kontroversial, karena kebanyakan orang berusaha menghindari melepas cincin pertunangan mereka, namun tidak disarankan tidur dengan cincin yang ada batunya. Banyak cincin pertunangan dilengkapi potongan logam kecil yang memiliki batu. Wajar jika garpu pencekeram batu ini ini terkadang tersangkut benda, namun hal ini lebih mungkin terjadi saat tidur. Dengan kemungkinan tersangkut pada benang selimut, bantal atau piyama, memang yang paling aman adalah melepasnya.

2. Kalung berlapis

Cincin dengan batu sebaiknya dilepas saat hendak tidur (healthdigest.com)

Sebagian besar dari kita kadang-kadang tidur dengan kalung, namun jika kamu mengenakan kalung berlayer, sebaiknya lepaskan sebelum tidur. Kalung berlapis cenderung kusut saat tidur. Jadi, jika kamu tidak siap untuk bangun dan melihat kalung yang kusut, sebaiknya lepaskan sebelum tidur!

Ohh, ternyata lebih ke alasan keamanan dan keawetan perhiasannya ya ges yaa... 

Kalung berlapis (monicavinader.com)