Masih Banyak yang Percaya, Ini 4 Mitos Seputar Sunscreen yang Harus Diluruskan

Masih saja ada mitos seputar sunscreen yang hingga kini masih dipercaya banyak orang. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang nggak boleh ketinggalan. Sebab, skincare yang satu ini sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinat matahari. Sayangnya masih saja ada mitos seputar sunscreen yang hingga kini masih dipercaya banyak orang. Nah, buat kamu yang masih percaya mitos-mitos sunscreen yang bertebaran. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Tidak Perlu Reapply Sunscreen dengan SPF Tinggi

Banyak orang yang percaya bahwa sunscreen dengan SPF tinggi tidak perlu diaplikasikan ulang. Padahal, seberapa pun tingkat SPF yang dimiliki, sunscreen tetap harus diaplikasikan ulang tiap 2 jam sekali. Sebab SPF pada sunscreen hanya mengacu pada kemammpuan menyaring sinat matahari, bukan berapa lama produk tersebut bertahan.

2. Orang Berkulit Gelap Tidak Memerlukan Sunscreen

Mitos Seputar Sunscreen (via Tirto)

Banyak orang yang percaya kalau orang yang berkulit gelap tidak perlu memakai sunscreen. Padahal baik orang berkulit putih atau gelap sama-sama memerlukan sunscreen untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari yang bisa memberikan dampak buruk pada kulit.

3. Sunscreen Menghalangi Penyerapan Vitamin D

Mitos Seputar Sunscreen (via Urbanasia)

Vitamin D memang sangat penting untuk kesehatan. Tapi tenang saja, menggunakan sunscreen tidak menghalangi tubuhmu mendapatkan asupan vitamin D. Sebab, sunscreen masih bisa menembus pakaian dan sunscreen akan kehilangan efektivitasnya dalam beberapa lama. Maka dari itu, sedikit sinat matahari yang menembus tabir surya sudah cukup untuk menutrisi tubuh dengan vitamin D.

4. Menggunakan Sunscreen Lebih Baik Daripada Menutupi Tubuh

Mitos Seputar Sunscreen (via Ladiestory)

Jika kamu berpikir bahwa setelah menggunakan sunscreen maka kamu tidak perlu menutupi lagi tubuhmu, maka hal tersebut salah. Sebab, menutupi kulit dari paparan sinar matahari sebenarnya adalah perlindungan yang jauh lebih baik daripada menggunakan sunscreen. Jadi meski sudah pakai sunscreen, lebih baik kenakan topi dan pakaian panjang untuk tetap melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Nah, itu tadi beberapa mitos seputar sunscreen yang hingga kini masih dipercaya padahal sama sekali tidak benar. Kamu juga sempat percaya mitos-mitos tadi nggak? Yuk coba saring informasi dengan benar!

Mitos Seputar Sunscreen (via Hops)