4 Cara Bedakan Galon Air Mineral Asli dan Palsu, Yuk Teliti!

Begini cara bedakan galon air mineral asli dan palsu.

Galon air mineral menjadi barang yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kadang cara bedakan galon air mineral asli dan palsu cukup sulit karena isunya banyak galon air mineral palsu beredar. Melansir dari sehataqua, berikut beberapa cara membedakan galon air dan galon palsu.

Lihat Segel Tutup Galon

AQUA adalah jenis air mineral yang diminum banyak orang di Indonesia. Galon AQUA pun tersebar di banyak tempat. Melihat segel tutup galon adalah cara yang bisa digunakan untuk mengecek apakah galon tersebut asli atau palsu.

Segel galon AQUA biasanya berbentuk tetes air. Bentuk segel itu biasanya terlihat ketika galon diberdirikan. Segel memiliki desain khusus untuk mempermudah konsumen membuka galon saat akan digunakan. Tutup galon AQUA warna biru dan putih. Jika ada warna selain itu, dipastikan itu galon palsu.

Badan Galon

Memperhatikan badan galon adalah cara bedakan galon air mineral asli dan palsu. Pada galon AQUA memiliki badan galon yang ada tanda khusus misalnya menyertakan logo Danone AQUA. Logo AQUA juga bisa dilihat di badan galon jika galon tersebut adalah galon yang asli. 

Air di Galon

Isi galon AQUA yang asli sebanyak 19 liter air. Galon yang asli juga terlihat bening dan tidak berbusa serta memiliki aroma yang segar saat diminum. Makanya sebelum dibeli coba dulu cek kondisi air dari luar galon. 

Kode Produksi

Kemudian melihat kode produksi dengan teliti.Pada galon AQUA yang asli akan ditemukan kode produksi BB atau best before di bagian badan galon. Kode BB biasanya berupa print tinta hitam yang terdiri dari tangga bulan dan tahun produksi galon tersebut.Jangan pernah membeli galon yang sudah kadaluarsa supaya air bisa diminum dengan baik.

Cara Bedakan Galon Air Mineral Asli dan Palsu (Rakyat Merdeka)

Sekedar informasi, galon air ternyata pertama kali diciptakan bukan oleh orang Indonesia melainkan pria Belanda bernama Hendrik Freerk Tillema pada tahun 1870. Hendrik mencetuskan produksi air mineral termasuk air minum dalam kemasan produksi bermerek Hygeia di Semarang, Jawa Tengah.

Sekarang sudah banyak produk-produk air mineral yang menjual air dalam kemasan galon. Tempat untuk melakukan isi ulang galon juga beredar di mana-mana, termasuk di minimarket. Makanya kita harus teliti untuk ketahui cara bedakan galon air mineral asli dan palsu.

Cara Bedakan Galon Air Mineral Asli atau Palsu (Tangsel Pos)