Mengenal Apa Itu SPF yang Tertulis di Kemasan Sunscreen atau Tabir Surya

Mengenal Apa Itu SPF yang Tertulis di Kemasan Sunscreen atau Tabir Surya

Sebelum kamu membeli tabir surya, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Sun Protection Factor (Faktor Perlindungan Matahari), atau SPF. Itu adalah nomor yang kamu lihat di kemasan saat kamu memilih produk pelindung sinar matahari.

SPF tabir surya adalah ukuran seberapa baik tabir surya melindungi kamu dari sengatan matahari. Namun angka SPF yang lebih tinggi tidak berarti perlindungan yang lebih baik dari kerusakan akibat sinar matahari.

Faktanya, memilih tabir surya yang hanya berdasarkan SPF tinggi dapat menjauhkanmu dari sasaran keselamatan sinar matahari. 

“SPF yang tinggi dapat memberikan rasa aman yang salah,” kata Saira George, M.D., dokter kulit di MD Anderson di Sugar Land. 

“Ada banyak batasan dengan nomor SPF. Orang-orang sering salah mengira bahwa mereka tidak bisa terkena sinar matahari atau mereka bisa berada di bawah sinar matahari lebih lama dari yang aman jika mereka memakai tabir surya SPF 100.”

Beda SPF 30 dan SPF 50 (blog.coolibar.com)

# SPF Ganda Tidak Selalu Berarti Perlindungan Ganda

xSPF tabir surya adalah ukuran berapa banyak sinar ultraviolet berbahaya yang diserap atau dipantulkan dari kulitmu.

Ada dua jenis sinar UV – UVA dan UVB. Masing-masing menembus kulit secara berbeda. Peringkat SPF hanya mengacu pada sinar UVB.

Tabir surya SPF 15 memblokir 93% radiasi UVB, dan SPF 30 memblokir 97%. Setelah itu, perbedaan perlindungannya kecil. SPF 50 memblokir 98%, dan SPF 100 menghentikan 99% sinar UVB mencapai kulitmu.

Dan penting untuk diingat bahwa pengukuran SPF ditentukan di laboratorium di mana jumlah tabir surya yang tepat diterapkan secara merata pada area kulit, dan kemudian dipaparkan pada sumber cahaya yang terkontrol.

Memakai tabir surya harus dalam jumlah yang banyak untuk perlindungan maksimal (batam.tribunnews.com)

# SPF 30 Biasanya Sudah Cukup

Jika kamu memilih SPF 30 dan mengaplikasikannya kembali setidaknya setiap dua jam, kamu membuat pilihan yang baik. SPF yang lebih tinggi mungkin memberimu lebih banyak ruang gerak jika kamu tidak menggunakan cukup tabir surya, atau kamu lupa mengaplikasikannya kembali. 

Untuk mendapatkan perlindungan SPF penuh yang tertera pada botol, kamu perlu mengaplikasikan tabir surya secara banyak dan merata. Sebagian besar dari kita cenderung kurang mengaplikasikan tabir surya sehingga kita tidak mendapatkan tingkat perlindungan yang sesuai dengan SPF apa pun.

Tabir surya harus diaplikasikan kembali setidaknya setiap dua jam. Bahkan tabir surya dengan SPF tertinggi pun tidak akan melindungimu ketika sudah habis.

Jadi kuncinya, berapa pun SPF-nya, penting untuk aplikasi ulang ya ges ya!