5 Makanan Ini Punya Kemampuan untuk Membersihkan Paru-Parumu dari Tar dan Nikotin, Cocok untuk Perokok!

5 Makanan Ini Punya Kemampuan untuk Membersihkan Paru-Parumu dari Tar dan Nikotin, Cocok untuk Perokok!

Tingginya risiko kecanduan dan berbagai dampak buruknya menjadikan rokok sebagai masalah kesehatan yang serius bagi umat manusia. Meskipun jumlah perokok menurun di beberapa negara, asap tembakau masih menjadi penyebab utama kanker paru-paru saat ini.

Banyak orang mencoba berhenti merokok, namun tidak selalu semudah itu. Langkah pertama adalah membuang racun dari organ Anda.

Jika Anda mempunyai sedikit waktu, keluarlah dari kota-kota besar selama beberapa hari dan berikan paru-paru Anda udara segar pedesaan, bebas dari partikel mikro yang mencekik. Maka Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan, karena ada makanan yang membantu membersihkan paru-paru.

# Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Sesak Napas dan Kekurangan Oksigen

Ada beberapa Makanan yang sangat baik untuk paru-parumu. Mereka dipercaya mengandung beberapa zat yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan berbagai vitamin. Beberapa makanan tersebut adalah:

1. Tomat

Tomat yang kaya lycopene, antioksidan karatenoid memiliki kemampuan meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa ini sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

2. Apel

Mengkonsumsi lima atau lebih apel per minggu bermanfaat meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko PPOK. Mengonsumsi apel juga bisa menurunkan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini mungkin dikarenakan tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

3. Nanas

Sup tomat yang lezat dan bergizi (indofoodsolutions.com)

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya. Bromelain bisa membantu dengan masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Enzim ini juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

4. Buah sitrus

Buah nanas bagus untuk paru-paru (alodokter.com)

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, lemon, limau, dan sebagainya memiliki kemampuan mendetoksifikasi paru-paru. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jenis buah ini dapat membantu melindungi paru-paru dari asma bagi orang dewasa dan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan merokok dan polusi udara.

5. Labu kuning

Daging buah labu kuning yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa ini sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Itu tadi 5 makanan yang bisa membersihkan dan meningkatkan fungsi paru-parumu. Meski tentu saja, lebih baik berhenti atau mengurangi merokok demi hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

Macam-macam buah sitrus (doktersehat.com)