Mengenal Apa Itu pH Kulit, Fungsinya, dan Cara Mendapatkan Keseimbangan pH

Mengenal Apa Itu pH Kulit, Fungsinya, dan Cara Mendapatkan Keseimbangan pH

Kulit cenderung memiliki pH asam alami tergantung pada area tubuh. Faktor-faktor seperti lingkungan dan rutinitas perawatan kulit dapat memengaruhi tingkat pH kulit. 

Potensi hidrogen (pH) mengacu pada tingkat keasaman zat. Jadi apa hubungan keasaman dengan kulitmu?

Ternyata memahami dan menjaga pH kulit penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

# Tentang Skala pH

Skala pH berkisar dari 1 hingga 14, dengan 7 dianggap "netral". Angka di bawah 7 bersifat asam, sedangkan di atas 7 dianggap bersifat basa atau non-asam.

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa pH kulit yang sehat lebih asam. Dengan lebih banyak keasaman, kulit Anda dapat memerangi mikroba berbahaya dan merusak radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan.

Skala pH kulit (tloppy.com)

# Cara Menjaga Keseimbangan pH

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan keseimbangan pH kulit.

1. Cuci kulitmu dengan sabun yang lembut

Pembersih wajah yang lebih basa dapat membuat kulitmu lebih rentan terhadap iritasi.

Pembersih yang lebih asam dapat membantu memerangi jerawat, yang dapat hilang setelah tingkat pH Anda mencapai di bawah 6. Bahan perawatan kulit berbasis asam yang lebih banyak juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dalam kondisi seperti eksim dan psoriasis.

Cari produk dengan pH 4 atau lebih rendah untuk membantu menjaga pelindung kulit Anda. Tidak semua produk mencantumkan pH, tetapi beberapa mencantumkannya.

2. Gunakan toner kulit

Menurut Paula's Choice, toner kulit biasanya memiliki pH antara 5 dan 7, yang dapat membantu menetralkan alkalinitas yang tersisa yang memengaruhi tingkat pH optimal kulit.

Toner tidak dianjurkan pada orang dengan beberapa kondisi kulit, seperti rosacea. Bicaralah dengan profesional perawatan kulit sebelum menggunakan toner jika kamu memiliki kondisi kulit.

3. Gunakan pelembab

Kamu dapat menggunakan berbagai pelembab seperti losion, gel, dan krim kental. 

Satu Studi 2018 menemukan bahwa emolien berbasis petrolatum tertentu dapat membantu melindungi dan mempertahankan pH kulit yang ideal.

4. Eksfoliasi

Gunakan toner yang sesuai kulitmu (jovee.id)

Bagi sebagian orang, pengelupasan kulit sesering seminggu sekali dengan bahan pengelupas yang lembut baik untuk rutinitas perawatan kulit secara umum. Jenis dan frekuensi pengelupasan bervariasi tergantung pada jenis dan kebutuhan kulit Anda.

Menjaga kesehatan kulit juga dapat dibantu dengan asam yang digunakan dalam chemical peeling dan mikrodermabrasi. Bicaralah dengan ahli perawatan kulit tentang opsi ini untuk mengetahui apakah prosedur ini dapat membantu meratakan atau mengencangkan kulit.

Tanyakan kepada ahli perawatan kulit jenis pengelupasan apa yang bagus untukmu, jika ada, yang merupakan pilihan yang baik untuk kulitmu.

Eksfoliasi wajah (merdeka.com)