Sakit Karena Gigi Bungsu Tumbuh? Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Rasa Nyerinya

Sakit Karena Gigi Bungsu Tumbuh? Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Rasa Nyerinya

Gigi bungsu biasanya mendorong gusi ketika tumbuh saat seseorang berusia antara 17-21 tahun. Sensasi gigi yang mendorong melalui gusi bisa terasa menyakitkan.

Selain itu, seringkali tidak ada ruang untuk gigi bungsu di mulut seseorang, karena gigi dewasa sudah tumbuh. Kurangnya ruang ini dapat menyebabkan gigi bungsu tumbuh miring atau tersangkut dan tidak tumbuh sepenuhnya.

Saat permukaannya pecah dan gigi tak sepenuhnya muncul, gusi dapat menjadi rentan. Makanan dan bakteri dapat terperangkap di gusi dan menyebabkan beberapa masalah, antara lain:

1. Penyakit gusi

2. Infeksi

3. Abses

4. Kista

Gigi bungsu yang mendesak gusi menimbulkan sakit (tribunnewswiki.com)

# Cara Mengatasi Rasa Sakit Karena Tumbuh Gigi Bungsu

Gigi bungsu yang terkena dampak dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri tekan. Sebenarnya, mencabut gigi bungsu dapat membantu mengatasi masalah ini.

Nah, sembari menunggu janji temu dengan dokter atau jadwal cabut gigi, ada beberapa pengobatan rumah alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit. Berikut ini cara mengatasi sakit akibat tumbuh gigi bungsu:

1. Es batu

Mengompres rahang dengan es bisa membantu mengurangi peradangan, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Menggunakan es juga dapat memberikan efek mati rasa.

Kamu bisa mengompres rahangmu selama 15 menit, lalu istirahat dan kompres lagi berulang sampai nyeri hilang.

2. Kumur air garam

Air garam memiliki sifat desinfektan alami. SEBUAH Studi 2017 menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi bakteri.

Terkadang, penumpukan bakteri pada gusi yang terbuka di sekitar gigi bungsu bisa menjadi penyebab rasa sakit. Kumur air garam dapat membantu mengobati infeksi dan mengurangi rasa tidak nyaman.

3. Bawang bombai

SEBUAH Studi 2021 menemukan bahwa bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Keunggulan bawang ini berarti dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi bakteri.

Kamu bisa potong sedikit bawang, kunyah bawang merah di sisi mulut yang terasa sakit, terus kunyah selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang lalu keluarkan bawang bombay.

Proses ini memungkinkan sari dari bawang merah masuk ke dalam gusi sehingga bisa mengurangi peradangan dan bakteri.

4. Teh celup

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa tanin yang terkandung dalam teh celup memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini berarti kantong teh dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi bakteri.

Untuk menggunakan kantong teh sebagai obat rumahan, seseorang harus membuat secangkir teh dan meletakkan cangkir di lemari es dengan teh celup yang tersisa di dalamnya. Setelah teh dingin, teh celup dapat dikeluarkan dan diletakkan di dalam mulut tempat rasa sakit berada.

Tidak boleh ada susu, krim, atau gula yang ditambahkan ke dalam teh. Hanya gunakan teh celup polos saja.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh. Jika rasa sakit tak kunjung hilang, kamu tetap perlu memeriksakan diri ke dokter ya!

Biasanya nanti dokter gigi akan langsung mengatur jadwal untuk operasi pencabutan gigi.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Gigi bungsu tumbuh miring (audydental.com)