Mudah dan Aman, Begini Cara Eksfoliasi Wajah dengan Benar di Rumah

Salah satu cara mendapatkan wajah yang cerah, sehat, dan bersih adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah dengan benar secara rutin. Simak langkah aman berikut ini!

Setiap perempuan tentu ingin memiliki wajah yang cerah, sehat, dan bersih. Nah, salah satu caranya dengan melakukan eksfoliasi wajah dengan benar secara rutin. Enggak harus ke klinik kecantikan kok. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah lho.

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Dan sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori, mencegah munculnya jerawat, membantu meratakan warna kulit, meningkatkan kadar kolagen, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Nah, untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentu kamu harus melakukan eksfoliasi wajah dengan benar. Mengutip Halodoc, berikut ini cara eksfoliasi wajah yang aman dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Pertimbangkan Produk Skincare yang Akan Digunakan

Sebelum melakuka eksfoliasi wajah, sebaiknya pertimbangkan produk yang akan digunakan. Misalnya seperti produk yang mengandung retinol atau benzoil peroksida, jika digunakan untuk eksfoliasi wajah justru akan memperburuk kulit kering, sehingga menyebabkan jerawat.

2. Pilih Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit

Tips Eksfoliasi Wajah (via Jovee)

Setelah mempertimbangkan produk skincare yang akan digunakan, kamu juga harus jeli dalam memilih cara eksfoliasi wajah. Cara yang benar saat eksfoliasi akan membuahkan hasil yang maksimal.

Untuk kulit wajah kering, sebaiknya menggunakan cara eksfoliasi wajah kimiwai, sementara untuk jenis kulit sensitif, sebaiknya menggunakan bahan kimia yang ringan untuk eksfoliasi kulit wajah. Untuk kulit berminyak, sebaiknya menggunakanscrub atau eksfoliator bisa memberikan manfaat yang optimal.

3. Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Lembut

Tips Eksfoliasi Wajah (via Grid)

Ketika melakukan eksfoliasi sebaiknya aplikasikan produk secara lembut dengan gerakan melingkar kecil. Lakukan selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat.

4. Gunakan Pelembab Setelah Eksfoliasi

Tips Eksfoliasi Wajah (via Hipwee)

Setelah melakukan eksfoliasi wajah, kamu dianjurkan untuk mengoleskan pelembab segera untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terhidrasi.

5. Perhatikan Jadwal Eksfoliasi

Tips Eksfoliasi Wajah (via Koran)

Umumnya semakin kuat eksfoliasi, maka semakin jarang perawatan tersebut perlu dilakukan. Dan yang perlu diingat, jangan melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan karena bisa menyebabkan kulit menjadi merah dan teriritasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara eksfoliasi wajah dengan benar di rumah. Perhatikan baik-baik agar proses perawatan kulit tidak malah merusak kecantikanmu. Mau mencoba?

Tips Eksfoliasi Wajah (via Meramuda)