Wajib Waspada! Begini Tips Menghindari Penipuan di Media Sosial

Penipuan di media sosial kini memang marak terjadi. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Penipuan di media sosial kini memang marak terjadi. Umumnya para korban akan dikelabuhi dahulu dengan iming-iming hadiah, lalu diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening pelakunya. Tentu saja hadiah yang dijanjikan nilainya fantastis, seperti mobil, sepeda motor, dan masih banyak lagi.

Nah, karena saat ini media sosial sudah menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Maka dari itu, yuk ketahui tips menghindari penipuan di media sosial agar kamu nggak sampai menjadi korban selanjutnya.

1. Saring Informasi Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar terhindar dari penipuan di media sosial adalah dengan menyaring informasi terlebih dahulu. Jangan langsung menelan informasi tersebut mentah-mentah, tapi cek kebenarannya melalui sumber terpercaya.

2. Cek Kredibilitas Akun

Tips Menghindari Penipuan di Media Sosial (via Kompas)

Ketika kamu pesan dari sebuah akun yang tidak kamu kenal, sebaiknya segera cek kebenaran profil tersebut. Perhatikan jumlah followernya, riwayat postingannya, dan informasi pribadinya. Jika kamu merasa ada yang mencurigakan dengan postingan yang ada dalam akun tersebut, maka kamu perlu berhati-hati. Dan sebaiknya abaikan pesan yang masuk tadi.

3. Jaga Kerahasiaan Data Diri

Tips Menghindari Penipuan di Media Sosial (via RIAU POS)

Terkadang tanpa sadar seseorang membagikan sendiri data pribadinya di media sosial. Seperti nomor telepon, alamat rumah, dan hal penting lainnya. Karena itu sebaiknya jaga betul-betul kerahasiannya. Jangan mudah membagikan data dirimu melalui pesan pribadi pada lembaga yang tidak resmi. Karena lembaga resmi tidak akan meminta informasi pribadi melalui media sosial.

4. Jangan Asal Klik

Tips Menghindari Penipuan di Media Sosial (via Merdeka)

Jika kamu menemukan tautan atau link yang mencurigakan di media sosial, sebaiknya jangan langsung diklik ya. Sebab bisa saja link tersebut akan mengarahkanmu pada situs berbahaya yang bisa meretas isi ponselmu. Jadi berhati-hatilah.

Nah, itu tadi beberapa tips menghindari penipuan di media sosial yang wajib dipahami. Jangan sampai kamu menjadi korban berikutnya ya. Tetap hati-hati karena bahaya kejahatan bisa menyerang kapan saja.

 

Tips Menghindari Penipuan di Media Sosial (via KONTAN)