5 Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner

Banyak pertimbangan sebelum membeli vacuum cleaner yang perlu kamu ketahui agar kamu mendapatkan alat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Apa saja?

Jika kamu memerlukan asisten saat membersihkan rumah, inilah saatnya kamu memerlukan vacuum cleaner. Namun ternyata, banyak pertimbangan sebelum membeli vacuum cleaner yang perlu kamu ketahui agar kamu mendapatkan alat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli alat penyedot debu? Berikut ulasannya:

1. Jenis Vacuum Cleaner

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memilih vacuum cleaner berdasarkan kebutuhanmu. Ada banyak jenis vacuum cleaner, diantaranya robot vacuum cleaner, vacuum cleaner cordless, vacuum cleaner handled, vacuum cleaner wet and dry, dan sebagainya. Pilihlah sesuai dengan fungsi utama yang kamu butuhkan, juga sesuaikan juga dengan luas ruangan yang perlu dibersihkan.

Jika kamu sangat sibuk untuk sekedar menggunakan alat kebersihan, maka kamu bisa menggunakan robot vacuum cleaner yang bisa bekerja secara otomatis sesuai program yang kamu buat. Jika kamu memerlukan alat untuk mengisap debu dan juga tumpahan air di lantai, maka kamu perlu menggunakan vacuum cleaner wet and dry.

2. Kualitas dan Daya Tahan

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner (via ANTARA News)

Memilih vacuum cleaner dengan kualitas baik merupakan investasi, karena jika kualitasnya terjamin maka alat juga akan bertahan lebih lama. Namun, biasanya kualitas juga berbanding lurus dengan harga. Semakin tinggi kualitas maka harga barang tersebut juga cenderung lebih mahal. Jadi, pilihlah penyedot debu yang sesuai dengan budget, ya!

3. Bobot Vacuum Cleaner

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner (via BolaTimes)

Bobot vacuum cleaner juga menjadi pertimbangan sebelum membeli vacuum cleaner. Alat penyedot debu ini seringnya digunakan oleh perempuan yang memang lebih senang membereskan rumah, karena itu penting untuk memilih vacuum cleaner yang memiliki bobot ringan. Vacuum cleaner yang berat, justru akan merepotkan dan membuat tangan mudah lelah sehingga seringnya justru tidak akan terpakai.

4. Teknologi Filter

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner (via Kompas)

Saat ini, vacuum cleaner kebanyakan memiliki teknologi HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) karena dapat menyaring partikel debu hingga ukuran terkecil. Filter jenis ini cocok digunakan bagi kamu yang memiliki alergi debu karena akan sangat membantu mengurangi penyebab alergi. Karena itu, pertimbangkan baik-baik jika vacuum belum menggunakan teknologi ini.

5. Fitur yang Ditawarkan

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner (via Rumah)

Terakhir, perhatikan dengan seksama fitur yang ditawarkan oleh vacuum cleaner. Sesuaikan dengan kebutuhanmu yang menjadi prioritas. Apakah alat ini akan sering digunakan untuk beragam kebutuhan misalnya membersihkan sela-sela jendela sehingga memerlukan beragam corong yang berbeda? Apakah rumah yang perlu dibersihkan sangat luas sehingga memerlukan daya baterai yang tahan lama pada vacuum cordless? Semuanya bervariasi dan harus disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah.

Itulah 5 pertimbangan sebelum membeli vacuum cleaner. Semoga dapat membantumu memutuskan mana vacuum cleaner terbaik yang kamu butuhkan. 

Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Vacuum Cleaner (via Kompas)