Seorang Bocah Polisikan Bapaknya Lantaran Tak Dibuatkan Toilet, Edan!

Seorang bocah polisikan bapaknya lantaran tak dibuatkan toilet

Ada peristiwa gokil nih gengs! Masak ya ... ada seorang bocah yang memperkarakan bapak kandungnya sendiri ke polisi hanya karena tak menepati janji. Janji apaan sih kok sampe dilaporin kepolisi segala tuh?

Sebenarnya kasusnya adalah bentuk kekesalan seorang anak yang kecewa dengan orang tuanya lantaran pernah dijanjikan akan dibuatkan toilet. Karena bapaknya ingkar janji, bocah berusia tujuh tahun ini melapor ke polisi.

Sebenarnya masalah toilet ini memang suatu gambaran permasalahan besar rakyat jelata di India dalam masalah buang hajat.

Bocah yang diketahui bernama E. Hanifa Zaara merasa malu untuk buang air besar atau kecil di pekarangan rumah mereka di sebuah kota kecil yang bernama Ambur, Tamil Nadu, India. Kota itu diketahui berjarak lebih dari 2000 kilometer sebelah selatan ibu kota New Delhi. 

Karena masalah itu, bapaknya, Ishanullah, berjanji bila bocah itu nanti mendapat ranking satu di sekolah maka akan dibangunkan sebuah toilet di rumah. Benar saja, karena semangatnya akhirnya Hanifa mendapatkan peringkat satu.

Yang menjadi masalah adalah, sang bapak tidak menepati janji. Akhirnya bocah kelas 2 SD itu berinisiatif untuk ke kantor polisi sendirian. Karena sang ibu menolak untuk menemani guna melaporkan ayahnya. 

Apa?! karena masalah toilet sampe segitunya?

Kecewa emang kadang bikin gelap mata (sunnyskyz.com)

Polisi yang bernama Valarmati menjelaskan, gadis ini berkeinginan untuk bapaknya di tangkap karena tidak menepati janji membuatkan toilet.

Kemudian pihak kepolisian menghubungi Ishanullah dan meminta untuk datang ke kantor polisi untuk membuat keduanya berjabat tangan agar segera berbaikan. Sang ayah mengaku sama sekali tidak marah pada putrinya itu, ia malah sangat bangga karena putrinya itu sangat pintar dan pemberani.

Kasus ini akhirnya didengar oleh pemerintah kota setempat dan Ishanullah akan dibantu dalam pembangunan toilet di rumahnya.

Berdasarkan data laporan dari UNICEF tahun lalu, ada sekitar 564 juta warga India yang membuang hajat di luar rumah, di ladang, dan di sungai. Hal itu karena Toilet adalah hal yang dianggap sebagai barang mewah bagi masyarakat India.

Sebenarnya ini menjadi perhatian besar bagi dunia, karena selain gak enak di pandang, dengan membuang hajat sembarangan sangat beresiko terkena penyakit.

Kepolisian India(yourstory.com)

Hal itu membuat Perdana Menteri Narendra Modi berjanji akan membangun 100 juta toilet dalam waktu lima tahun ke depan. Namun tetap saja program ini belum bisa merata ke seluruh India.

Baiknya kita doain aja ya, semoga masyarakat India segera terpenuhi kebutuhan toiletnya ya gengs.

Toilet india masih sangat kurang dan tidak layak (oxfam.org.nz)