Mengapa Kursor Mouse Bentuknya Miring ke Kiri? Ternyata Ini Alasannya!

Mengapa Kursor Mouse Bentuknya Miring ke Kiri? Ternyata Ini Alasannya!

Kursor mouse, istilah ini mengacu pada perangkat penunjuk, seperti trackball, touchpad, dan stik penunjuk yang terpasang di komputer notebook. Kadang-kadang juga disebut sebagai penunjuk dan melayani tujuan yang kita semua sadari. 

Mungkin selama ini kamu sadar, mungkin juga enggak bahwa kursor mouse itu miring sedikit ke kiri. Tapi pernah gak sih kamu bertanya-tanya kenapa begitu? Kenapa gak lurus aja? Yuk kita cari tahu bersama alsannya!

Cara mengganti kursor (petunjuk.id)

# Kenapa Kursor Mouse Sedikit Miring ke Kiri?

Beberapa orang beranggapan bahwa posisi kursor yang miring ke kiri itu meniru cara alami kita menulis. Di mana kita memegang pena pada sudut yang miring. Tetapi jika seseorang kidal, pergelangan tangan tentu akan menutupi teks yang baru saja ditulis. Iya kan? 

Namun, pandangan ini tidak terlalu masuk akal karena tinta yang digunakan adalah digital.

Ada juga yang mengatakan kursor miring ke kiri karena kita membaca dari kiri ke kanan. Tapi ini juga tampaknya tidak sepenuhnya masuk akal.

Argumen yang lebih masuk akal atau ilmiah ditawarkan oleh pengembang perangkat lunak komputer Bart Gijssens di Stack Exchange. Pakar yang akrab dengan sejarah teknologi komputer mengemukakan penjelasannya dengan mengutip sebuah dokumen berusia lebih dari 30 tahun (sejak 1981). 

Dia menegaskan bahwa Douglas Engelbart, penemu mouse, pertama kali menggambarkan kursor panah secara vertikal. Awalnya panah mengarah ke atas.

Instalasi kursor di jalan (abangnetwork.blogspot.com)

Dokumen unit inilah yang pertama kali menggambarkan kursor pada tahun 1981. Dikatakan bahwa secara praktis tidak mungkin bagi pengembang saat itu, untuk merancang panah vertikal mouse berukuran kecil, mudah terlihat oleh pengguna sehingga mereka memutuskan untuk tidak menambah ukuran penunjuk, tetapi sebaliknya memutar sedikit sehingga sisi kirinya vertikal dan yang kanan miring di bawah 45°.

Jadi, ini adalah upaya untuk mengurangi jumlah tepi 'piksel' pada layar resolusi rendah.

Selain itu, alasan panah dimiringkan ke kiri dapat dikaitkan dengan fakta bahwa posisi klik lebih mudah dihitung, karena asal bitmap kursor ada di kiri atas. 

Dari sudut kenyamanan, sedikit tikungan terasa jauh lebih alami karena mencerminkan postur tangan kita menggunakan mouse. Fitur utama dari panah miring adalah bahwa sisi kiri adalah garis vertikal. Bahkan tangan, yang terkadang digunakan sebagai pengganti penunjuk, memiliki garis miring dengan jari telunjuk.

Sekarang, sudah gak penasaran lagi kan kenapa kursor mouse agak miring ke kiri?

Macam-macam bentuk kursor (teknois.id)