Fakta atau Mitos: Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak daripada Pria?

Fakta atau Mitos: Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak daripada Pria?

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa, wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria, tetapi mengapa? Dan, yang lebih penting, berapa lama lagi waktu tidur yang dibutuhkan wanita? 

Di artikel ini kamu akan mendapat penjelasan dari ahli mengenai jam tidur yang dibutuhkan wanita tiap harinya. Apakah benar wanita butuh waktu tidur lebih banyak?

# Benarkah Wanita Lebih Banyak Menggunakan Otaknya daripada Pria?

Multi-tasking dapat menguras mental dan emosional, tetapi mungkinkah itu juga menjadi alasan wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria? 

Menurut para peneliti di Sleep Research Center yang berbasis di Loughborough University, Inggris, 1 wanita menggunakan otak mereka lebih banyak daripada pria – jauh lebih banyak sehingga, ya, mereka membutuhkan lebih banyak tidur. Dalam sebuah wawancara dengan New York Post, direktur Pusat Penelitian Tidur Inggris, Jim Horne, menjelaskan:

“Otak wanita terhubung secara berbeda, jadi kebutuhan tidur mereka akan sedikit lebih besar. Wanita cenderung multitaskingp — mereka melakukan banyak hal sekaligus dan fleksibel, sehingga mereka menggunakan lebih banyak otak mereka yang sebenarnya daripada pria,” kata Horne.

Wanita membutuhkan waktu tidur lebih banyak dari pria (denpasarviral.com)

Mengapa wanita butuh waktu tidur lebih banyak (okezone.infografis.com)

# Berapa Banyak Waktu Tidur yang Dibutuhkan Wanita?

Studi baru-baru ini menarik karena menunjukkan perbedaan "gender" dalam bagaimana fungsi otak kompleks perempuan dibandingkan dengan laki-laki. 

Faktanya, wanita membutuhkan waktu 20 menit lebih lama untuk menutup mata daripada rata-rata pria. Dan itu tergantung pada otak wanita yang sibuk dan multi-tasking.

“Salah satu fungsi utama tidur adalah membiarkan otak pulih dan memperbaiki dirinya sendiri,” kata Profesor Jim Horne, direktur Sleep Research Center di Loughborough University dan penulis Sleepfaring: A Journey Through The Science of Sleep.” Selama tidur nyenyak, korteks — bagian otak yang bertanggung jawab atas memori pikiran, bahasa, dan sebagainya — melepaskan diri dari indra dan beralih ke mode pemulihan.

Jadi, berapa lama lagi tidur yang dibutuhkan wanita? Horne mencatat setidaknya 20 menit atau lebih dari jam tidur ideal yang adalah 8 jam. Jadi, silakan mbak-mbak, ibu-ibu, nikmati tidur ekstramu…hehehehe

Otak wanita lebih kompleks, sehingga membutuhkan waktu tidur lebih banyak (twitter.com)