5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Semakin Berminyak

Produksi minyak yang berlebih ternyata bisa terjadi karena kebiasaan yang tidak tepat namun sering dilakukan. Yuk cari tahu infonya di sini!

Kulit wajahmu secara alami memproduksi minyak supaya kulit terjaga kelembabannya. Meski demikian, produksi minyak yang berlebih bisa menjadi asal mula berbagai masalah, seperti komedo, jerawat, kulit tampak kusam, serta mengilap.

Faktanya, produksi minyak berlebih ternyata bisa terjadi karena kebiasaan yang tidak tepat namun seringkali kita lakukan. Sebelum menjadi masalah, yuk simak kebiasaan yang membuat kulit semakin berminyak!

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka secara berlebihan dapat menjadi penyebab muka berminyak. Mencuci muka dapat menghilangkan kelembaban alami kulit wajah sehingga kelenjar sebasea akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkannya. Mencuci muka dengan menggunakan alat eksfoliasi atau wash cloth juga dapat menghilangkan kelembaban alami kulit.

2. Tidak Menggunakan Pelembab

Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak (via Liputan6)

Sebagian besar orang berpikir bahwa kulit berminyak tidak memerlukan pelembab. Itu salah besar. Pelembab sebenarnya malah membantu mengurangi produksi minyak di kulit. Pelembab dapat menambahkan kelembaban yang cukup pada kulit dan membuat kuring tidak kering.

Menggunakan pelembab justru bisa membantu menurunkan kulit berminyak dengan menurunkan produksi sebum. Oleh karena itu, pilih produk yang khusus digunakan oleh kulit berminyak. Biasanya, teksturnya lebih ringan, berbahan dasar air, dan cepat meresap sehingga dapat menjaga kelembaban alami kulit, tanpa membuat kulit tampak makin berminyak.

3. Menggunakan Produk yang Tidak Memiliki Label Oil-Free

Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak (via Kompas)

Apakah kulitmu menjadi sangat berminyak setelah sering menggunakan makeup? Mungkin karena kamu tidak menggunakan produk yang berlabel oil-free. Pilihlah produk makeup yang memiliki label oil-free yang cocok untuk kulit berminyak.

4. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak (via Face to Feet)

Menggosok wajah terlalu keras baik saat mencuci wajah atau saat melakukan exfoliasi akan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak. Daripada menggunakan scrub yang agresif, pilihlah produk perawatan dengan kandungan asam salisilat yang lipofilik agar dapat menyerap minyak dan tidak membahayakan kulit wajah.

5. Terus Menyentuh Wajah

Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak (via Grid)

Kebiasan yang tanpa disadari sering dilakukan adalah menyentuh wajah. Menyentuh wajah ternyata bisa berujung mengiritasi kulit dan memicu kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan jerawat atau komedo akibat kotoran dan bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah.

Itulah 5 kebiasaan yang membuat kulit semakin berminyak. Jauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kulit wajahmu tetap segar tanpa minyak berlebih! Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak (via Bukalapak)