Bikin Makin Percaya Diri, Begini Cara Menyamarkan Warna Bibir Gelap

Bibir gelap umumnya bisa membuat wajah menjadi nampak kusam. Kira-kira bagaimana cara mengatasinya?

Bibir gelap umumnya bisa membuat wajah menjadi nampak kusam. Tidak sedikit perempuan yang berusaha menyamarkan bibir gelap dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan lipstik dengan warna cerah hingga melakukan perawatan bibir.

Bibir gelap muncul karena berbagai sebab, mulai dari faktor genetik hingga karena kamu jarang membersihkan bibir dengan scrub. Nah, untuk mengatasi bibir gelap yang bikin kamu kurang percaya diri. Berikut ini beberapa cara menyamarkannya. Catat ya.

1. Mengurangi Minuman Berkafein

Tahu nggak sih kalau minuman dengan kafein seperti kopi dan teh bisa membuat bibir kamu jadi gelap. Jadi mulai sekarang lebih baik kamu menghindari minuman tersebut. Perbanyak air untuk menjaga kelembaban bibir serta mengatasi masalah bibir kering dan hitam.

2. Menghindari Mengigit atau Menjilat Bibir

Cara Mengatasi Bibir Gelap (via Tribunnews)

Tidak sedikit orang yang mengigit atau menjilat bibir ketika mereka sedang dalam kondisi tegang, nah kebiasaan ini sebaiknya dihindari ya. Karena dua kebiasaan tersebut bisa membuat bibir kering, pecah-pecah, gatal, iritasi, dan akhirnya menggelap.

3. Berhenti Merokok

Cara Mengatasi Bibir Gelap (via INews)

Paparan zat nikotin berlebihan bisa membuat produksi melanin, yaitu zat pemberi warna alami kulit. Inilah yang membuat warna bibir menjadi gelap. Kalau kamu seorang perokok, yuk hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Selain enggak sehat untuk paru-paru dan membuat bibir menjadi gelap, merokok juga bisa mengakibatkan bibir kering.

4. Rutin Melakukan Scrub pada Bibir

Cara Mengatasi Bibir Gelap (via Indo Zone)

Selain mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan tadi, kamu juga harus melakukan scrub pada bibir secara rutin. Cukup melakukan scrub bibir sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Lakukan secara rutin agar sel-sel kulit mati pada bibir dapat terangkat.

5. Menggunakan Produk Perawatan Bibir

Cara Mengatasi Bibir Gelap (via Kita Kini)

Selain scrub bibir, kamu juga harus menggunakan produk perawatan bibir seperti lipbalm, lip oil, hingga lip serum. Produk-produk tersebut akan membuat bibir kamu enggak cuma cerah merona, tapi juga sehat.

Nah, itu tadi beberapa cara menyamarkan warna bibir gelap yang mengganggu. Dengan langkah di atas, perlahan masalah bibir hitam akan teratasi. Sudah siap jadi lebih percaya diri deh.

Cara Mengatasi Bibir Gelap (via Sociolla)