Biar Hidup Lebih Tenang, Yuk Kenalan Sama JOMO dan Cara Menerapkannya

Kalau kamu pernah mendengar istilah FOMO, sekarang ada lagi nih istilah terbaru yakni JOMO. Memang apa sih yang dimaksud dengan JOMO?

Kamu pernah nggak mendengar tentang istilah FOMO (fear of missing out) dalam kehidupan sosial? Nah, kalau kamu pernah mendengar istilah tersebut, sekarang ada lagi nih istilah terbaru yakni JOMO. Memang apa sih yang dimaksud dengan JOMO?

Apa itu JOMO?

JOMO adalah singkatan dari joy of missing out yang artinya adalah fenomena yang merujuk pada tindakan yang tidak ingin melibatkan diri dalam kegiatan tertentu, apalagi yang berkaitan dengan dunia media sosial atau sumber lain yang sedang tren.

Orang-orang yang menerapkan JOMO akan lebih fokus pada kegiatan nyata tanpa terhubung dengan gadget atau dunia maya. Orang-orang seperti ini biasanya lebih nyaman dengan waktu yang mereka miliki di dunia nyata. Dan tidak takut ketinggalan dengan tren yang sedang viral di media sosial.

Bahkan mereka merasa puas dengan diri merka karena sudah merasa cukup dengan kehidupannya, tanpa peduli dengan jalan hidup orang lain.

Bagaimana Cara Menerapkan JOMO?

JOMO (via Antara News)

Lantas, jika kamu sekarang sedang dalam situasi FOMO dan ingin berubah menjadi JOMO agar lebih bisa menghargai waktu di dunia nyata bagaimana ya caranya? Nah, agar kamu bisa lebih maksimal dalam menerapkan JOMO dalam kehidupan nyata kamu. Coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membuat Jadwal Rencana Kegiatan

JOMO (via Glints)

Agar tidak terus berkutat dalam kehidupan dunia maya, kamu harus mmbuat jadwal rencana kegiatan sehari-hari mulai pagi hingga petang.

Kamu bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif yang bisa membuat kamu lebih bahagia dari pada terus membandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Misalnya seperti nonton film, nongkrong bareng temen, pergi ke perpustakaan, dan hal positif lainnya.

2. Matikan Notifikasi Semua Media Sosial

JOMO (via Suara)

Hal yang sering membuat kamu selalu membuka media sosial adalah karena adanya notifikasi yang terus-menerus muncul. Bahkan ada orang yang sengaja memasang notifikasi pada akun tertentu, agar tidak ketinggalan kabar terbaru.

Jadi mulai sekarang, matikan semua notifikasi kecuali yang berhubungan dengan pekerjaan atau hal lain yang sangat penting.

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

JOMO (via Madalyn Sklar)

Menjadi JOMO bukan berarti kamu berhenti bersosialisasi, namun kamu harus membatasi lama penggunaan media sosial agar lebih produktif. Selain itu, unfollow semua akun yang kamu anggap dapat memberikan dampak negatif pada diri kamu.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu JOMO dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat hidupnya jadi jauh lebih menyenangkan.

JOMO (via Social Media Monthly)