4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkunjung Ke Jepang, Jangan Dilanggar Ya!

Sebelum berkunjung ke Jepang, ada baiknya kalian memperhatikan beberapa hal yang tak boleh dilakukan berikut ini. Apa saja?

Pasti banyak dari kalian yang ingin berwisata ke Jepang. Namun sebelum berwisata, ada baiknya untuk mempelajari adat dan budaya setempat, sehingga kamu tidak melakukan hal-hal yang dilarang di kota tujuanmu. Lalu apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berkunjung ke Jepang? Simak informasinya berikut ini!

1. Memetik Bunga Sakura

Saat mengunjungi Jepang, tak lengkap rasanya bila belum melihat langsung bunga sakura. Namun, karena berumur pendek dan hanya mekar di waktu tertentu, maka jangan sekali-kali memetik bunga sakura langsung dari tangkainya. Jika ingin membawa pulang, kamu bisa mengambil bunga sakura yang telah gugur.

2. Tidak Membungkuk

Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Jepang (via Bisnis)

Para penduduk Jepang memiliki rasa hormat yang tinggi, hal itu ditunjukkan dengan membungkuk sebelum berbicara. Membungkuk (ojigi) melambangkan sikap saling menghormati dan merupakan salah satu tata krama dalam kehidupan di Jepang. Karena itu, kamu wajib membungkuk saat bertegur sapa dengan orang lain, jika tidak kamu akan dianggap tidak sopan dan sombong.

3. Memberi Uang Tip di Restoran

Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Jepang (via Koku Japan)

Jika kamu biasa memberi tip bagi pelayan saat makan di restoran, maka jangan lakukan selagi kamu berada di Jepang. Memberi tip dianggap sebagai penghinaan bagi pelayan restoran, karena memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi kewajiban agar para pelanggan senang dan kembali datang ke restoran.

4. Menerima dan Memberi Sesuatu dengan Satu Tangan

Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Jepang (via Dream)

Warga Jepang selalu menggunakan kedua tangan untuk menerima atau memberi sesuatu, bahkan jika yang diberikan adalah benda berukuran kecil, seperti kartu nama. Karena itu, kamu harus menggunakan kedua tangan untuk menerima sesuatu. Jika kamu mengunjungi toko dan ingin membayar, kamu bisa meletakkan uangmu di kotak kecil yang biasa ada di sebelah kasir daripada memberikannya secara langsung.

Itulah hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berkunjung ke Jepang. Dengan mengetahui adat dan budaya yang berlaku di tempat tujuanmu, kamu akan merasa nyaman dan mudah untuk berkomunikasi selama berkunjung.

Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Jepang (via Hidup Kristen)