Benarkah Minum Kopi Panas Terlalu Sering Bisa Berdampak Pada Kesehatan Mata? Cek Faktanya!

Penjelasan dampak minum kopi panas terlalu sering untuk kesehatan mata.

Banyak orang lebih senang minum kopi panas daripada kopi dingin. Selain rasanya yang dianggap lebih nikmat, kopi panas juga punya kadar antioksidan lebih tinggi. Meski begitu, beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa minum kopi terlalu panas secara berlebihan bisa berdampak pada kesehatan mata.

Dilansir dari The Express UK, salah satu efeknya adalah membuat kelopak mata menjadi kering yang membuat ketajaman penglihatan menjadi berkurang. Walaupun menurunnya daya lihat merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi saat berumur, tapi ada beberapa faktor yang mempercepat proses penuaan pada mata.

"Kafein ini bisa membuat mata menjadi dehidrasi yang menyebabkan kehilangan penglihatan. Konsumsi terlalu banyak kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, bisa memicu tingginya tekanan gula dalam darah. Tentunya hal ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan, atau kejang pada kelopak mata (mata berkedut)," ungkap Marko Obradovic, editor dari Pure Optical.

Selain itu, sebuah perusahaan perawatan mata di Inggris, Vision Direct, menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi terlalu panas terlalu sering. Sebab, minuman panas tertentu bisa menyebabkan glaukoma atau kondisi di mana saraf optik yang menghubungkan mata ke otak menjadi rusak.

“Secara konsisten mengonsumsi kopi panas melebihi jumlah yang disarankan dapat memengaruhi kesehatan dan penglihatan, terutama risiko tinggi terkena glaukoma,” begitu pernyataan dari perusahaan Vision Direct.

Ilustrasi Minum Kopi Panas (Detikcom)

Lebih lanjut, Vision Direct juga menjelaskan kalau minuman berkafein dapat meningkatkan tekanan darah serta tekanan di mata. Tingkat tekanan mata yang tinggi secara konsisten ini diketahui bisa menyebabkan glaukoma. Ini artinya ada hubungan antara kebiasaan minum kopi dan salah satu penyebab utama kebutaan di dunia.

Meski demikian, kopi panas sebenarnya memiliki manfaat untuk tubuh jika diminum dalam aturan dan porsi yang benar atau selama kopi diminum dalam jumlah dan takaran yang normal. Orang-orang disarankan untuk minum kopi tidak lebih dari tiga cangkir dalam sehari. Selain itu, perlu mengurangi mengurangi penggunaan gula, susu dan krim yang berlebihan yang membuat kopi menjadi tak sehat.

Ilustrasi Glaukoma (Halodoc)