Misteri Sungai Bengawan Solo, Terungkap 5 Mitos Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Misteri Sungai Bengawan Solo dikaitkan dengan beberapa mitos seram berikut ini.

Bengawan Solo adalah salah satu sungai di Jawa Tengah. Sungai Bengawan Solo memiliki panjang aliran sungai 600 kilometer dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur bagian pesisir utara. Misteri Sungai Bengawan Solo tak kalah menyeramkan. Berikut 5 mitos Sungai Bengawan Solo yang bisa bikin bulu kuduk merinding.

Siluman Ular

Konon di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo dihuni oleh beberapa sosok gaib, salah satunya siluman ular. Menurut cerita siluman ular itu pernah menampakkan diri kepada seseorang pria yang berada di pinggir sungai. Siluman Ular itu berwajah wanita yang menggunakan mahkota.

Siluman ular itu meminta kepada pria tersebut untuk diberikan manusia untuk dijadikannya tumbal.  Tumbal tersebut akan menjadi budak siluman ular tersebut. Kisah sosok peminta tumbal di Sungai Bengawan Solo juga dikenal dengan sosok Onggo-Inggi yang meminta tumbal berupa perawan yang belum menikah dan perjaka atau pria yang belum menikah.

Jembatan Bacem

Sungai Bengawan Solo memiliki banyak jembatan. Salah satunya Jembatan Bacem yang berada di Sukoharjo, Jawa Tengah. Misteri Sungai Bengawan Solo ini tak kalah menyeramkan. Dulunya Jembatan Bacem ini menjadi saksi bisu tragedi pembantaian anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Banyak korban dibunuh dan jasadnya dibuang ke bawah jembatan di aliran Sungai Bengawan Solo. Memang sampai sekarang jembatan tersebut masih ramai dengan lalu-lintas pengendara yang lewat dari kawasan Solo menuju Sukoharjo dan sebaliknya. Dikabarkan hantu korban pembantaian itu masih menghuni jembatan tersebut.

Lokasi Bunuh Diri

Sungai Bengawan Solo ternyata menjadi lokasi bunuh diri beberapa orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidup. Ada yang melompat dari atas jembatan ke sungai ada juga yang menabrakkan diri ke kereta api yang sedang melintas di jembatan kereta api Sungai Bengawan Solo.

Seorang petugas pemeriksa jalur kereta sering merasakan hal-hal ganjil ketika sedang berjalan di jembatan Sungai Bengawan Solo itu. Suatu hari ia pun pernah hampir tertabrak kereta ketika sedang bekerja karena telinga dan matanya diduga ditutup oleh setan budeg. 

Misteri Sungai Bengawan Solo (Detikcom)


Pohon Donoloyo

Salah satu pohon yang tumbuh di dekat Sungai Bengawan Solo adalah pohon donoloyo. Pohon itu berada di Jembatan Keramat, Klaten, Jawa Tengah. Pada tahun 2004 lalu warga sekitar akan melakukan renovasi jembatan namun tidak pernah bisa berhasil.Kabarnya sosok penunggu pohon donoloyo tidak suka bila jembatan Sungai Bengawan Solo itu direnovasi.

Siluman Buaya Putih

Jika misteri Sungai Bengawan Solo terdapat sosok siluman ular, di sungai itu juga ada mitos kemunculan siluman buaya putih. Siluman buaya putih ini sering muncul dan menenggelamkan orang-orang yang sedang mencuci baju, mandi, atau berenang di aliran sungai Bengawan Solo.

Misteri Sungai Bengawan Solo (TribunSoloWiki)