Agar Smartphone Awet, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Cuy

Punya smartphone harga mahal bukan jaminal bakal menjadi awet. Cara merawat yang benar yang bakal membuat smartphone awet. Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah menghindari 5 hal di bawah ini.

Kini, hampir semua orang memiliki smartphone. Banyak layanan yang bisa digunakan, pun fungsi yang bisa kamu dapatkan. Bisa untuk komunikasi, belajar, update pengetahuan dan informasi atau hanya sekedar bergaya.

Namun, sedikit dari kita yang sadar bahwa smartphone adalah jenis teknologi yang rapuh. Yang mudah rusak oleh hal-hal kecil dan gak kita perhitungkan. 

So, kalo kamu ingin smartphone awet, bukan masalah hargam jenis atau brand cuy. Tapi persoalan cara merawat yang kamu lakukan. Yang pasti, jangan lakukan 5 kesalahan kecil ini, ya.

Smarthpone awet (pexels.com)

Meninggalkan smartphone di jendela atau meja hingga kepanasan.

Harus disadari, sinar matahari juga bisa membuat smartphone menjadi panas, lho. Jadi, bukan cuma persoalan penggunaan aja, ya. Sedangkan kalo mesin overheat terlalu lama, bisa berdampak pada daya tahan baterai, bahkan chip sistem.

Asal mencolokkan kabel

Di smartphone, selalu ada port untuk mencolokkan kabel charger. Di dalam port itu, ada lempengan besi yang menghubungan daya antara smartphone dan kabel charger. 

Smartphone awet (brightside.me)

Permasalahannya, banyak di antara kita yang seringkali asal mencolokkan. Tanpa kalian sadari, padahal lempengan di dalam adaptor maupun smartphone itu sangatlah tipis. Artinya, mudah bengkok, patah dan rusak.

Jadi, cara merawat agar smartphone awet adalah mencolokkannya dengan perlahan. Pelan aja, cuy. Masuk juga, kok.

Smartphone awet (brightside.me)

Gak pernah update sistem software atau firmware

Ada kalanya, kalian akan mendapatkan pemberitahuan di layar untuk melakukan update. Biasanya sih, selain aplikasi, sistem software dan firmware juga minta untuk update.

Baiknya, segera lakukan. Jangan tunda terlalu lama. Hal ini bisa berakibat buruk pada kinerja smarpthone yang nantinya berdampak pada kerusakan.

Pernahkan kamu melakukan salah satu di antara tiga tips di atas? Kalo ingin smartphone awet, segara lakukan cara merawat di atas, ya. Jangan sampai lupa atau ditunda!

Smartphone awet (brightside.me)