Emak-Emak Wajib Tahu! Ini 4 Tips Merawat Blender agar Tak Cepat Rusak

Bagaimana sih cara merawat blender dengan baik dan benar sehingga tetap bisa digunakan secara maksimal? Yuk simak ulasannya!

Bagaimana sih tips merawat blender dengan baik dan benar sehingga tetap bisa digunakan secara maksimal? Meski bentuknya kecil, namun blender memiliki banyak manfaat, terutama untuk masalah dapur.

Sayangnya blender termasuk barang elektronik yang cepat rusak karena pemiliknya tidak tahu cara merawat blender dengan benar. Nah, kalau kamu ingin blender di rumah menjadi lebih awet, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Simak baik-baik ya.

1. Jangan Hidupkan Blender Saat Kosong

Cara merawat blender yang pertama adalah jangan menyalakan blender saat dalam keadaan kosong. Sebab, blender yang dinyalakan dalam keadaan kosong akan cepat aus. Risiko ini juga akan ditimbulkan jika kamu mengisi blender terlalu penuh. Jadi pastikan ada isi sesuai takaran dan jangan sampai kosong, bahkan ketika kamu sedang membersihkannya.

Tips Merawat Blender (via Kompas)

2. Masukan Bahan Sedikit Demi Sedikit

Cara merawat blender yang kedua agar awet adalah dengan memasukkan bahan yang akan dihaluskan sedikit demi sedikit ke dalam blender. Hal ini akan membuat blender tidak bekerja terlalu keras. Jangan lupa untuk menambahkan cairan terlebih dahulu sebelum menghaluskan, agar pisau blender bisa bergerak dengan lebih bebas.

Tips Merawat Blender (via Thought Co)

3. Jangan Lupa Bersihkan Pisau

Cara merawat blender selanjutnya adalah dengan selalu membersihkan pisaunya setiap setelah digunakan. Cobalah untuk melepas pisaunya, agar kamu bisa membersihkannya dengan maksimal. Sebab pada bagian pisau ini ada banyak sisa makanan yang menempel. Kamu bisa membersihkan pisau blender dengan cuka dan mendiamkannya semalaman. Setelah itu, bilas dengan air panas agar tidak ada sisa cuka yang tertinggal.

Tips Merawat Blender (via Masak Apa Hari Ini)

4. Cabut Kabel Setelah Digunakan

Nggak cuma hemat energi, namun mencabut kabel setelah selesai menggunakan blender akan membuat blender menjadi lebih awet. Pasalnya, ada komponen listrik yang jika tidak digunakan namun terus tercolok ke listrik, akan cepat rusak.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat blender agar tidak cepat rusak. Dengan perawatan yang tepat, maka semua peralatan akan awet dan memberikan manfaat lebih lama. Semoga informasi ini berguna untuk kamu ya!.

Tips Merawat Blender (via Kompas)