Keuntungan Memelihara Kucing Yang Perlu Kamu Tahu

Ternyata, memelihara kucing bukan hanya berfungsi sebagai hiburan semata, namun juga memberikan banyak keuntungan lain. Apa saja?

Apakah kamu memelihara kucing di rumah? Ternyata, memelihara kucing bukan hanya berfungsi sebagai hiburan semata, namun juga memberikan banyak keuntungan lain. Ah masa sih?

Faktanya, banyak penelitian telah dilakukan untuk melihat bagaimana efek kucing bagi ‘majikan’ yang memeliharanya. Ternyata ditemukan banyak keuntungan dari adanya hewan berbulu ini di rumah. Apa saja keuntungannya? Yuk, simak informasinya.

1. Menjaga kesehatan mental dan meningkatkan dopamin

Bagaimana bisa memelihara kucing berhubungan dengan dopamin? Alasannya karena saat berinteraksi dengan kucing, kamu akan merasa happy. Karena itu dopamin akan semakin banyak dihasilkan, karena dopamin adalah hormon yang mengatur rasa senang.

Kalau begitu ternyata benar jika merawat kucing dapat menjadi suatu rutinitas yang baik untuk kesehatan terutama kesehatan mental. Meski demikian, perhatikan juga apakah kamu punya cukup waktu luang untuk merawatnya dengan baik. Jangan sampai kamu mengabaikan mereka dan malah membuat mereka stres ya!

Keuntungan Memelihara Kucing (via Grid)

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menyatakan jika pemilik kucing memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang tidak memelihara hewan apa pun. Hal ini terjadi karena memelihara kucing bisa meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik sehingga kamu lebih merasa tenang dan detak jantung tidak lagi berdegup kencang. Karena hal inilah risiko penyakit jantung jadi menurun.

Keuntungan Memelihara Kucing (via Kompas)

3. Membantu untuk hidup bersih

Jika memiliki hewan peliharaan, kamu akan dipaksa berada dalam kondisi untuk selalu menjaga kebersihan. Hal ini karena mau tidak mau kamu harus rutin membersihkan tempat tidur kucing, box litter, bahkan pakaianmu dari bulu-bulu kucing.

Keuntungan Memelihara Kucing (via Tempo)

4. Dengkuran kucing dapat meningkatkan penyembuhan dan kepadatan tulang

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Scientific American, kucing mendengkur dalam pola yang konsisten antara 25 dan 150 Hertz. Frekuensi ini membantu meningkatkan penyembuhan dan bahkan kepadatan tulang. Jadi, mendengar dengkuran kucing bisa dikatakan sebagai terapi untuk membantumu pulih lebih cepat.

Keuntungan Memelihara Kucing (via Liputan6)

5. Menumbuhkan rasa empati

Kucing dapat menjadi teman untuk melepaskan kepenatan dan rasa sedih, juga untuk menimbulkan empati. Ketika hewan peliharaanmu sakit, kamu akan merasa sedih untuknya. Selain itu kamu akan mencoba mengerti apa yang dia inginkan dari tindakan sehari-harinya. Maka, ketika kamu telah berempati terhadap hewan peliharaanmu, tentu kamu akan memiliki rasa empati kepada sesama.

Ternyata banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. Seiring kesenangan kita dalam memeliharanya, jangan lupakan juga hak hewan peliharaan yang harus dipenuhi, agar hewan peliharaanmu sehat dan bahagia. Yuk sayangi kucing di sekitarmu!

Keuntungan Memelihara Kucing (via Halodoc)