Sering Bepergian? Inilah Ide Menghasilkan Cuan Sambil Jalan-Jalan

Ide menghasilkan cuan sambil jalan-jalan ini cocok untuk kamu yang mempunyai hobi traveling. Yuk intip ulasannya!

Memiliki kesempatan untuk traveling memang menyenangkan, apalagi jika bisa menghasilkan cuan sambil jalan-jalan. Untungnya, di zaman sekarang banyak sekali peluang untuk mendapatkan pemasukan selagi kamu jalan-jalan. Penasaran kan? Yuk simak ide bisnis yang bisa dilakukan sambil jalan-jalan berikut ini!

1. Blogger/Vlogger

Ide pertama, kamu bisa mencoba mendokumentasikan perjalanan kamu ke dalam berbagai platform, bisa dalam bentuk tulisan ke dalam blog atau dokumentasi video ke YouTube dan juga media sosial. Semuanya bisa kamu lakukan saat kamu traveling. Jadi, uang yang kamu habiskan bisa kamu dapatkan kembali lewat adsense. Malah mungkin yang kamu dapat dari platform di atas bisa melebihi biaya traveling kamu.

Usai melakukan trip, kamu dapat menuliskan cerita perjalanan yang pastinya informatif diselingi gambar tempat wisata dan tips travelling. Barangkali kamu bisa mengikuti jalan yang diambil Trinity yang menulis buku sampai diterbitkan, bahkan diangkat ke layar lebar. Menarik banget, kan?

Menghasilkan Cuan Sambil Jalan-Jalan (via Pegipegi)

2. Jastip

Bisnis jastip atau jasa titip akhir-akhir ini menjadi tren karena keuntungannya cukup besar. Bisnis ini bisa menjadi usaha sampingan kamu saat kamu traveling. Kamu cukup ambil foto barang-barang yang unik yang hanya ada di daerah yang kamu datangi, lalu posting di akun sosial media atau grup chatroom untuk mengetahui apakah ada rekan-rekan yang ingin membeli barang tersebut.

Saat ada yang titip beli, kamu bisa menetapkan tarif sebagai ongkos membawa barang tersebut hingga penitip. Sederhana kan? Itung-itung, kamu juga membantu teman atau saudara yang tidak ada waktu berbelanja atau berkunjung. Dengan menjalani bisnis ini kamu bisa mendapat banyak keuntungan. Siapa yang tidak suka jika saat jalan-jalan juga mendapatkan uang?

Menghasilkan Cuan Sambil Jalan-Jalan (via OCBC NISP)

2. Jasa Travel Planner

Apa kamu sudah memiliki pengalaman perjalanan yang cukup banyak? Jika iya, kamu bisa menggunakan kemampuanmu untuk membangun usaha sebagai travel planner profesional. Kamu tidak perlu modal untuk menjalankan usaha ini, kamu hanya perlu membangun image sebagai traveler yang sarannya bisa dipercaya dalam sebuah platform misalnya blog.

Nah, untuk membangun image yang baik, bisa dimulai dengan rajin membagikan cerita perjalananmu. Share sebanyak-banyaknya foto dan video yang menarik. Ketika sudah banyak view dalam setiap postingan blogmu, mulai deh tawarkan jasa sebagai travel planner bagi mereka. Mulai dari mencarikan tiket termurah, membuat itinerary, sampai memberi tips sebelum keberangkatan bisa kamu lakukan. Bahkan bisa jadi kamu akan diajak untuk jadi pemandu wisata.

Itulah 3 ide bisnis yang menghasilkan cuan sambil jalan-jalan. Tidak perlu mengeluarkan biaya dan bisa kamu lakukan selagi bersenang-senang. Apa kamu mau mencobanya? Yuk mulai merintis di awal tahun ini!

Menghasilkan Cuan Sambil Jalan-Jalan (via Travel Kompas)