Ini Dia 5 Tips Buat Meningkatkan Engagement di Instagram: Content Creator Wajib Coba!

Ini Dia 5 Tips Buat Meningkatkan Engagement di Instagram: Content Creator Wajib Coba!

Bagi pengguna yang ingin mencari keuntungan lebih banyak di Instagram, kamu perlu melakukan engagement agar semakin banyak pengguna lain yang mengikuti akunmu di Instagram.

 

Nah, berikut ini ada 5 tips cara meningkatkan engagement di Instagram yang bisa kamu coba.

1. Maksimalkan Instagram Explore untuk Mencari ide


 

Instagram Explore merupakan alat yang bisa kamu pakai dalam mencari ide konten. Entah dari unggahan foto, video atau reels.

 

Nah, caranya adalah kamu bisa memeriksa konten apa saja yang sekiranya relevan dengan niche dan tren terkini di Instagram.

 

Kamu juga bisa menggunakan fitur tagar yang populer, melihat akun influencer serta mempelajari seperti apa mereka melakukan promosi bisnis. Tak ada salahnya juga untuk memperbanyak jumlah following akun-akun yang bisa memberikan kamu banyak pembelajaran baru.

Ilustrasi orang bermain Instagram (kompas)

 

Cara kedua ialah mempelajari segala konten yang sudah kamu unggah sebelumnya. Dari situlah kamu bisa belajar seperti apa konsep konten yang sekiranya disukai dengan audiens.

 

3. Mengikuti Tren Meme

 

Siapa yang menyangka kalo meme ternyata juga bisa bermanfaat dalam meningkatkan engagement di Instagram.

 

Kamu bisa mencari apa saja meme yang sedang populer atau membuatnya sendiri. Kemudian, kenali seperti apa trennya. Dengan kamu mengetahui apa saja tren meme yang lagi viral, kamu juga bisa mengetahui apa saja tren terbaru yang sedang berlangsung.

4. Saling Berbagi Ide

 

Melakukan brainstorming dengan orang lain atau tim juga bisa menjadi solusi. Dengan begitu, akan lebih banyak ide kreatif yang muncul dan bisa kamu coba.

Ilustrasi orang bermain Instagram (kompas)

5. Eksekusi Konten

 

Membuat konten memang tak selalu mudah. Terkadang, apa yang sudah direncanakan, ujung-ujungnya berbeda dengan kenyataannya.

 

Itu sebabnya, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan konten dengan detail. Mulai dari membuat konsep, menuliskan ide apa saja yang sudah kamu temui, lalu bagaimana cara  merealisasikannya.

 

Kamu bisa menggunakan berbagai media untuk menyampaikan kontenmu, entah itu dari gambar, video, grafik, warna, catatan kecil dan sebagainya.