Amitabh Bachchan Tajir Melintir... Hutang Ribuan Petani di India Dibayar Lunas!

Aktor legendaris Bollywood Amitabh Bachchan dermawan banget gengs. Uncle Bachchan baru aja ngebayarin utang ribuan petani di India nih.

Sebelum masuk ke beritanya, mau nanya dulu... kalian tau Amitabh Bachchan? Kalo belum tau, dia adalah seorang bintang film Bollywood gengs. Pake B ya, bukan H, jadi ya dari India.

Gak sekadar bintang film aja nih, doi adalah seorang legenda Bollywood, "rockstar" film Bollywood yang besar dan berpengaruh lah gitu. Udah banyak banget judul film yang dia bintangi sejak tahun 1969, kalian belum lahir pasti.

Nah, uncle Bachchan mengaku baru membayar lunas semua utang yang menjerat "wong cilik" di India. Gak tanggung-tanggung, uncle Bachchan ngebayarin 1.398 utang petani dengan nilai total pinjaman mencapai 40 juta rupee, sekitar Rp8,1 miliar.

Pengakuan ini, seperti ditulis Liputan6.com, diungkap dalam blog pribadinya pada Selasa (20/11/2018) lalu. Ia merasakan sebuah "sensasi pencapaian", sebagai dampaknya.

Semua petani yang dibayarin utangnya sama uncle Bachchan berasal dari beberapa negara bagian. Dimulai dari Uttar Pradesh, negara bagian tempat sang legenda lahir dan dibesarkan.

My uncle, Amitbah Bachchan! (tellychakkar.com)

Pada awal tahun ini, uncle Bachchan juga ngebayarin utang petani juga tuh. Dia melunasi utang 350-an petani di negara bagian Maharashtra.

Jumlah utang yang menggunung ini bukan tanpa sebab. Pertama, adalah fakta bahwa jadi petani di India tidaklah mudah. Puluhan ribu petani di India bertahan dan berjuang untuk bisa terlepas dari jeratan utang.

Kedua, adalah fakta pula bahwa industri pertanian di India rusak akibat bencana kekeringan. Hal ini terjadi dalam beberapa dekade terakhir. Air permukaan menipis, produktivitas menurun, serta kurangnya modernisasi di bidang pertanian India.

My uncle pas masih muda dulu (indiatvnews.com)

Gelombang panas dan perubahan iklim juga menjadi penyebab gagalnya sejumlah lahan tani di India. Setidaknya dalam tiga dekade terakhir ini, sektor pertanian melemah, ekonomi rakyat pun rapuh.

Akibatnya mengerikan gengs, jalan pintas yang diambil petani India tragis. Sejak 1995, tercatat sekitar 300 ribuan petani bunuh diri.

My uncle sama uncle Leonardo DiCaprio (india.com)

Uncle Bachchan sendiri tergerak untuk mengentaskan utang para petani dengan "menyisihkan" rejekinya dari dunia hiburan, dunia yang membesarkan namanya. Utang para petani juga dilunasi berkat pinjaman dari Bank of India.

"Saya berharap bisa memberikan (dokumen) penyelesaian ini, konfirmasi bahwa utang mereka telah dilunasi secara pribadi," tulis my uncle Bachchan dalam blognya. Ia menjelaskan bahwa pihak bank telah mengeluarkan dokumen penyelesaian utang dan sertifikat sekaligus.

Uncle Bachchan dan Shahrukh Khan (tellychakkar.com)

Sebelumnya, uncle Bachchan pernah tersandung kasus. Aktor senior ini pernah terlibat kasus yang berhubungan dengan lahan. Tahun 2007 lalu, pengadilan di India memutuskan bahwa lahan seluas 90 ribu kaki persegi telah dialokasikan secara ilegal kepada uncle Bachchan.

Akibatnya, uncle Bachchan harus menghadapi tuduhan penipuan. Tapi my uncle emang kece... tuduhan dibatalkan. Sebab, my uncle meninggalkan klaim atas tanah sengketa tersebut.

My uncle dan patung lilinnya di Madame Tussauds London (bbc.co.uk)

Dalam kiprahnya di dunia hiburan, uncle Amitabh Bachchan telah membintangi sekitar 200-an judul film, termasuk yang diproduksi Hollywood pula. Coba tanya ayah-ibu kalian tentang sosok uncle Amitabh Bachchan ini deh.

Kini di usianya yang ke-76, uncle Bachchan tetap gemilang sebagai pembawa acara seperti Kaun Banega Crorepati alias acara Who Wants To Be A Millionaire India.

Acara Kaun Banega Crorepati (scroll.in)

Jadi gak heranlah kalo kariernya di dunia hiburan bikin my uncle tajir melintirs. Tapi sifat dermanya itu lho yang bikin gak abis pikir.

My uncle, anaknya Abishek Bachchan, dan anak angkatnya Aishwarya Rai Bachchan (bbc.co.uk)