Bersihkan Karang Gigi Sendiri dengan 4 Bahan Natural Ini! Ampuh Banget!

Bersihkan Karang Gigi Sendiri dengan 4 Bahan Natural Ini! Ampuh Banget!

Sama seperti anggota tubuh yang lain, gigi juga penting dijaga kesehatan dan kebersihannya. Sebab kesehatan gigi bisa berpengaruh pada kesehatan pencernaan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, jika kamu sedang dalam kondisi yang tak memungkinkan untuk ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, terutama karena pandemi. Mungkin kamu bisa coba beberapa cara mudah untuk membersihkan karang gigi di bawah ini. 

Gak usah takut, semua caranya pakai bahan alami yang mudah didapat kok! 

1. Soda kue

Campurkan dua sendok teh soda kue dengan satu sendok teh garam halus. Campur ini dengan pasta gigi lalu sikat dengan benar. Soda kue dipercaya dapat membantu menetralkan kadar asam di mulutmu. Selain itu, soda kue juga bisa membantumu memiliki gigi yang lebih putih dan cerah.

Soda kue dan garam untuk membersihkan karang gigi (klikdokter.com)

2. Jambu biji

Ambil beberapa lembar daun jambu biji, lalu cuci bersih dengan air suling. Setelah daun dicuci, kunyah dan keluarkan dari mulutmu. Selain pakai daunnya, kamu juga bisa mengkonsumsi jambu biji mentah dengan sedikit garam yang ditaburkan di atasnya. Jambu biji populer untuk meredakan masalah yang berhubungan dengan gusi. Karena memiliki sifat anti inflamasi. Jambu biji membantu meminimalkan rasa sakit dan bengkak di gusi.

3. Lidah buaya

Ambil daging lidah buaya, lalu gosokkan pada gigi. Biarkan gel tersebut menempel di gigi selama lima sampai sepuluh menit sebelum dibilas. Aloe vera menghilangkan bakteri yang menyebabkan karang gigi karena memiliki kualitas antimikroba. Cara ini juga bisa juga menghilangkan bau tak sedap di mulutmu lho!

Daging lidah buaya untuk menghilangkan karang gigi (antvklik.com)

4. Cengkeh

Caranya, ambil satu sendok teh bubuk cengkeh, minyak zaitun, dan campur keduanya. Oleskan larutan tersebut pada gigi, dan biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Cengkeh adalah bahan terbaik yang bisa melawan mikroba di mulut yang menyebabkan karang gigi. Ini adalah cara alami yang mudah dan efektif yang akan membantumu menghilangkan atau mencegah karang gigi! 

Itu tadi cara membersihkan dan mencegah karang gigi dengan bahan alami. Perlu diingat untuk bisa menghilangkan karang gigi secara maksimal, kamu harus melakukannya secara rutin ya.

Namun, dalam kondisi yang parah kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter gigi sesegera mungkin ya! Apalagi jika sudah ada keluhan sakit atau bau mulut tak wajar.

Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Bubuk cengkeh untuk menghilangkan karang gigi (nanosprayskincare.blogspot.com)