5 Fakta Unik Waroeng Windsor di London yang Menjual Indonesian Street Food

Tahukah kamu bahwa ada Waroeng Windsor di London yang menjual berbagai macam kuliner dan juga rempah-rempah khas Indonesia?

Kalau di Indonesia banyak orang menjual Korean Street Food, kini giliran Indonesian street food yang dijual oleh Waroeng Windsor di London.  Memang apa sih Waroeng Windsor itu? Dan bagaimana fakta unik Waroeng Windsor di London?

Beberapa waktu lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan sebuah restoran Indonesia bernama Waroeng Windsor yang menyajikan kuliner hingga rempah-rempah khas Indonesia.

Sebenarnya Waroeng Windsor sebelumnya sudah ada di London, namun kini Kemenparekraf ikut mendukung dan memperluas warung makan tersebut di Inggris. Lantas, apa sih yang unik dari Waroeng Windsor tersebut? Berikut ini faktanya.

1. Awal Mula Waroeng Windsor

Waroeng Windsor dulunya dibuka karena Akaya, si penggagas warung ini mengikuti sebuah festival terbesar di Inggris bernama Indofest. Sejak tahun 2010, Akaya sudah tinggal di London. Dan akhirnya dia berpeluang membuka usaha kuliner berupa makanan khas Indonesia di Indofest tersebut.

Fakta Unik Waroeng Windsor di London (via Twitter)

2. Berjualan Sate Ayam dan Kambing

Menurut Akaya, selama tinggal di London dia belum pernah sama sekali menemukan seorang WNI yang berjualan sate di sana. Dari situlah, tercetus ide untuk berjualan sate yang merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

Seperti penjual sate di Indonesia, Akaya menyediakan dua macam sate di Waroeng Windsor, yakni sate ayam dan sate kambing. Menurutnya, dua jenis sate ini memiliki kelezatan yang sudah enggak diragukan lagi.

Fakta Unik Waroeng Windsor di London (via Okezone Travel)

3. Mendapat Penghargaan 3 Tahun Berturut-Turut

Setelah beberapa lama berdiri, Waroeng Windsor yang didirkan Akaya akhirnya mendapatkan penghargaan di International Community Food Festivals di Nottingham selama tiga tahun berturut-turut.

Fakta Unik Waroeng Windsor di London (via Rakyat Merdeka)

4. Berkonsep Sederhana

Meski berada di london, namun Waroeng Windsor memiliki konsep yang sederhana. Berbentuk sedang dan di depan warung terdapat tenda berwarna hijau bertuliskan Indonesian street food. Di sana juga terdapat kursi dan meja yang terbuat dari kayu, untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung yang hendak makan di sana.

Fakta Unik Waroeng Windsor di London (via Tripadvisor)

5. Ada Banyak Menu Indonesia Lainnya

Selain sate, ternyata Waroeng Windsor juga memiliki menu khas Indonesia lainnya, seperti nasi goreng, rendang, ayam goreng, ayam woku, mi goreng, tongseng hingga ikan pepes.

Wah, fakta unik Waroeng Windsor di London ini memang bikin bangga ya. Kalau kamu ke London, jangan lupa mampir ya. Siapa tahu tempat ini bisa mengobati rasa kangen saat kamu sedang rindu Indonesia.

Fakta Unik Waroeng Windsor di London (via About Semarang)