Traveler Wajib Tahu, Ini Lho Singapore Arrival Card dan Cara Mendapatkannya

Kini setiap orang yang hendak memasuki negara Singapura wajib submit Singapore Arrival Card secara online H-2 sebelum kedatangan. Apa itu?

Kamu punya rencana pergi ke Singapura untuk liburan atau kunjungan kerja? Kalau begitu kamu wajib tahu aturan baru soal Singapore Arrival Card atau biasa disebuat dengan SGAC, karena sekarang ada yang sedikit berbeda.

Kini setiap orang yang hendak memasuki negara Singapura wajib submit Singapore Arrival Card secara online H-2 sebelum kedatangan. Sedikit ribet sih, tapi tenang begini cara mendapatkannya.

Mengenal Singapore Arrival Card (SGAC)

Seperti namanya, Singapore Arrival Card (SGAC) merupakan kartu kedatang elektronik yang sudah diluncurkan sejak 26 April 2022 lalu, dan berisi tentang data pribadi, perincian perjalanan, surat kesehatan.

Kartu ini merupakan syarat wajib bagi warga asing yang hendak memasuki negara Singapura, dan warga Singapura sendiri setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. 

Singapore Arrival Card (via Kaskus)

Cara Mengisi Kartu Kedatangan Elektronik atau Singapore Arrival Card

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi website ICA di www.ica.gov.sg, lalu pilih submit online.

Kemudian kamu akan menemukan pilihan menu, seperti Singapore Citizen, Permanent Resident & Long Ter Pass Holders, dan Foreign Visitors. Kalau kamu bukan warga negara Singapura, dan termasuk wisatawan, kamu bisa memilih Foreign Visitors.

Lalu kamu akan disuguhi dua pilihan form yang harus diisi, yakno individu dan grup. Kalau kamu berkunjung ke Singapura sendirian, kamu bisa memilih form individu. Dan sebaliknya jika kamu berlibur secara berkelompok, kamu bisa memilih form grup.

Siapkan paspor dan info tiket akomodasi perjalanan selama di Singapura untuk mengisi data dalam SGAC ya.

Data pribadi yang harus kamu isi dalam SGAC antara lain nama, tanggal lahir, nomor paspor, asal negara, alamat email, tanggal kedatangan, serta moda transportasi yang kamu gunakan. Bisa jalur udara atau laut.

Untuk liburan berkelompok, cukup satu orang pertama (tour leader) yang mengisi secara lengkap form SGAC, kemudian diteruskan dengan identitas turis lainnya dan tidak perlu mengisi data selengkap orang yang pertama mengisi.

Singapore Arrival Card (via Pinterest)

Cara Menyerahkan Singapore Arrival Card

Setelah mengisi lengkap data diri dan informasi yang dibutuhkan, kamu bisa langsung mengirim form tersebut melalui layanan elektronik SGAC resmi yang ada di situs web ICA atau aplikasi MyICA Mobile, dan gratis.

ICA mengingatkan semua pendatang atau wisatawan, termasuk warga negara Singapura yang tiba melalui moda transportasi laut dan udara agar menyerahkan Singapore Arrival Card H-2 sebelum kedatangan di Singapura.

Jika Singapore Arrival Card sudah selesai diisi dan sudah dikirim, kini saatnya bersiap menikmati liburan di Singapura. Tapi pastikan kamu sudah melakukan vaksinasi booster dan sudah mengaktifkan Peduli Lindungi, untuk bisa terbang ke luar negeri.

Singapore Arrival Card (via Johor Now)