Ngeri! Matahari Diprediksi Akan Membengkak dan Telan Bumi, Kiamat Dong?

Ngeri! Matahari Diprediksi Akan Membengkak dan Telan Bumi, Kiamat Dong?

Para ilmuwan telah berdebat selama bertahun-tahun tentang apa yang akan terjadi pada planet kita ketika matahari mulai kehabisan bahan bakar dan membengkak menjadi raksasa merah beberapa miliar tahun dari sekarang. Sepertinya hari kiamat memang benar-benar sudah dekat.

Simulasi terbaru menunjukkan bahwa Bumi akan berakhir ditelan oleh matahari yang sekarat.

Setelah 4-5 miliar tahun lagi, Matahari diprediksi akan membengkak menjadi raksasa merah, memasuki fase evolusi berikutnya.

Ketika itu terjadi, Merkurius dan Venus pasti akan tertelan, tapi bagaimana dengan Bumi?  

# Matahari Membengkak dan Menelan Bumi

Pesawat antariksa Gaia milik lembaga antariksa Eropa, European Space Agency (ESA) mengobservasi masa silam dan masa depan matahari.

Matahari sebagai pusat tata surya, yang diorbit oleh empat planet berbatu bagian dalam, masing-masing bergerak dalam orbit elips yang stabil.

Matahari ketika posisinya dekat dengan bumi (sinerginews.com)

Di luar itu terletak sabuk asteroid, kumpulan besar massa kecil (relatif terhadap planet) yang ditendang oleh interaksi gravitasi, di mana mereka dapat menabrak Matahari, dikeluarkan dari Tata Surya, atau terganggu ke orbit lain di mana masa depan interaksi menunggu mereka.

Di luar sabuk asteroid terletak empat dunia gas raksasa, yang juga bergerak dalam orbit elips yang stabil, dan memiliki sistem bulan sendiri yang mengorbitnya.

Yang terluar, Neptunus, menggembalakan sabuk Kuiper, yang mungkin mengandung Planet Sembilan atau tidak, dan diikuti oleh awan Oort di luarnya.

Pada tahun 2008, ditemukan bahwa sekitar 7,6 miliar tahun dari sekarang, Matahari akan kehilangan sekitar 33% dari massanya saat ini. Kondisi ini akan menyebabkan orbit Bumi mengembang secara signifikan, sebanding dengan sisa massa Matahari. Sementara Merkurius dan Venus akan ditelan oleh Matahari yang mengembang, Bumi tidak.

Namun, Bumi juga mengalami interaksi pasang surut dari Matahari raksasa, di mana satu bagian Bumi mengalami gaya total yang berbeda dari bagian yang berlawanan, dan itu menyebabkan Bumi kehilangan beberapa momentum sudut orbital tambahan.

European space agency (org)

Yang horor, planet Bumi tidak akan bisa lepas dari engulfment, meskipun ada efek positif dari kehilangan massa matahari. Untuk bertahan dari fase [ekspansi Matahari ketika mencapai ujung cabang raksasa merah], setiap planet hipotetis membutuhkan radius orbit minimum saat ini sekitar 1,15 AU.

Dengan kata lain, Mars pasti aman, tetapi Bumi harus dilahap oleh Matahari kita.

Galaksi bimasakti (ilmugeografi.com)