Anggota Paskibraka Wanita Berhijab Potong Rambut Juga? Terungkap Jawabannya

Anggota Paskibraka Wanita Berhijab Potong Rambut Juga? Terungkap Jawabannya

Anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka  muncul di momen hari kemerdekaan Indonesia. Ciri anggota Paskibraka yang paling mudah dilihat adalah potongan rambutnya. Tapi ada juga paskibraka wanita yang mengenakan hijab. Lalu apakah Paskibraka yang berhijab tetep harus potong rambut?

Adalah Tri Winarsih Project Manager Paskibraka tahun 2019 lalu memberikan komentar terkait hal tersebut. Menurut Tri, Paskibraka yang memakai hijab tetap harus dipotong rambutnya karena itu menjadi sebuah kesepakatan bersama anggota yang lain. “Semuanya menyepakati walau ditutup pun tetep menggunting rambut,” ujarnya dilansir dari GenPi.

Potongan rambut Paskibraka yang wanita memang unik dengan model potongan bob. Sementara anggota Paskibraka yang laki-laki memotong rambutnya cepak tipis ala militer. Ternyata aturan soal potongan rambut Paskibraka memang sudah jelas sejak dulu.

“Untuk rambut sendiri banyak pertanyaan kenapa sih harus potongan rambut bob dan pendek sekali karena ini sudah menjadi sebuah aturan yang ditetapkan,” kata Tri. Jadi sebelum melakukan proses potong rambut harus ada kordinasi dengan para anggota Paskibraka dan pembimbing mereka.

Potongan pendek memang sudah jadi aturan. Misalnya untuk rambut bob wanita 3 jari di bawah daun telinga panjangnya dan untuk rambut laki-laki ukurannya 0-1 centimeter. Makanya karena sudah ada aturannya maka setiap Paskibraka tampil di 17 Agustus memiliki potongan rambut yang sama.

Ternyata kisah unik pernah dialami anggota Paskibraka yang justru menjadi pasangan suami istri. Termasuk yang dialami seorang polisi bernama Reynaldi Guzel. Reynaldi kini memiliki istri yang juga berprofesi sebagai Polisi bernama Ayu Tri Utami. Reynali dan Ayu merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka ) di Istana Negara pada 2007.

Anggota Paskibraka Wanita yang Berhijab Harus Potong Rambut, Terungkap Jawabannya (Suara.com)

Reynaldi dan Ayu sama-sama dua siswa SMA yang mewakili Provinsi Lampung. Ternyata pertemuan mereka sebagai anggota Paskibraka menyatukan cinta. Keduanya sepertinya langsung berpacaran dan memutuskan untuk menikah.

Hal ini terungkap dari foto yang diunggah Reynaldi di sosial medianya. Ia memposting foto dirinya bersama Ayu dengan latar Istana Negara, memakai seragam putih khas Paskibraka. Sepertinya lewat foto itu Reynaldi ingin menunjukan bagaimana kisah perjumpaan pertamanya dengan sang istri.

Anggota Paskibraka Wanita yang Berhijab Harus Potong Rambut, Terungkap Jawabannya (Merdeka.com)