4 Dampak Buruk Sering Berbohong Pada Pasangan, Awas Bisa Berujung Perceraian

4 Dampak Buruk Sering Berbohong Pada Pasangan, Awas Bisa Berujung Perceraian

Walaupun sekilas bisa menyelesaikan masalah, namun ada banyak dampak buruk sering berbohong pada pasangan, termasuk salah satunya bisa menyebabkan perceraian. Jadi kalau kamu memimpikan rumah tangga yang harmonis dan langgeng selamanya, lebih baik hindari kebiasaan berbohong .

Mungkin berbohong akan menyelamatkan situasimu saat itu, namun tidak selamanya. Lantas apa saja dampak buruk sering berbohong pada pasangan selain perceraian? Catat baik-baik ya, supaya kamu paham.

1. Memicu Kebohongan yang Lain

Satu kebohongan yang diucapkan akan membuat satu kebohongan baru untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Itu sudah rumus pasti. Dan pada akhirnya kamu benar-benar membohongi pasanganmu dengan sebuah skenario yang ketika ketahuan, maka akan membuat dia kecewa.

2. Hilangnya Rasa Percaya

Dampak Buruk Sering Berbohong (via The Asian Parent)

Sering berbohong pada pasangan akan membuat tingkat rasa percayanya padamu menurun drastis, bahkan hilang sama sekali. Satu kali ketahuan berbohong, mungkin akan dimaafkan dan ada kesempatan kedua untuk kamu. Namun kalau berkali-kali bohong, apa pantas dimaafkan? Maka ketika pasangan telah memberikan kepercayaanya padamu, maka jangan sesekali coba merusaknya. Karena akibatnya akan teramat buruk.

3. Selalu Merasa Bersalah

Disadari atau tidak, setelah mengatakan hal bohong pada pasangan, kamu pasti akan selalu kepikiran. Apalagi kalau ketahuan berbohong, rasa bersalah akan terus bergelayut mengikutimu. Jadi lebih hindari berbohong pada pasangan dari pada kamu harus merasa bersalah seumur hidupmu.

4. Memicu Pertengkaran

Dampak Buruk Sering Berbohong (via Liputan6)

Sebelum akhirnya berpisah, biasanya pasangan yang tahu bahwa dirinya sudah dibohongi akan merasa sangat marah dan tidak terima dengan perilaku tersebut. Kalau sudah begitu, maka pertengkarang tidak dapat dielakkan lagi. Bahkan bisa-bisa dia mengucapkan kata perpisahan kalau sudah tidak tahan dengan semua kebohongan yang kamu buat.

Nah sekarang sudah tahu kan dampak buruk sering berbohong  pada pasangan. Jadi mulai sekarang, semenyakitkan apapun lebih baik jujur pada pasangan. Karena dengan begitu, kalian berdua akan saling belajar mengerti satu sama lain.

Dampak Buruk Sering Berbohong (via Yahoo)