Macbook Air 2018, Awal Petualangan Generasi Ketiga

Apple telah merilis generasi ketiga dari seri Macbook Air. Petualangan baru ini ditandai dengan peluncuran Macbook Air 2018. Apa saja pembaruan laptop stylish ini gengs?

Macbook Air 2017 yang muncul pada bulan Juni 2017 adalah akhir episode laptop stylish generasi kedua. Macbook Air generasi kedua sendiri dimulai pada tahun 2010. Kala itu Apple mendesain ulang laptop model 13.3", dengan casing yang lebih baik, menambah resolusi layar, baterai, dan mengenalkan penyimpanan flash pengganti hard drive.

Saat ini generasi ketiga telah hadir melalui Macbook Air 2018. Beberapa improvisasi tentu telah disematkan ke dalam asisten kerja paling stylish ini. Meskipun tetap mempertahankan ukuran layar 13.3 inci. 

Dan seperti yang telah diprediksikan sebelumnya, layar klasik tersebut kini berganti rupa menjadi Retina display. Juga belum ada tanda-tanda bahwa generasi ini akan memiliki versi 11.6 inci yang memang tidak diproduksi untuk Macbook Air 2017.

Update lain yang ditunggu adalah endurance laptop Air. Bagi penggemar Apple pasti sudah jamak diketahui bahwa baterai Air paling bisa diandalkan kala bekerja di luar ruangan. Air 2017 saja bisa digunakan hingga 10 jam. Tentu kelebihan ini tidak mungkin dihilangkan oleh Apple. Bahkan kalau mungkin dapat memenuhi janji 12 jam battery life.

peluncuran Macbook Air (cnet.com)

Serangkaian improvisasi bisa jadi akan menggoda kalian. Seperti penyematan sensor sidik jari untuk mengunci laptop. Area mengetik yang cantik dari generasi ketiga butterfly keyboard yang berpadu padan ke dalam kasing dengan bezel 50 persen lebih sempit.

Trackpad pada Air 2018 juga 20 persen lebih besar dari pendahulunya. Untuk audio perangkat ini memiliki speaker stereo yang 25 persen lebih keras dan tetap mempertahankan jack headphone. Untung sih generasi ketiga ini tidak di-treatment Apple seperti smartphone mereka. Dua port USB-C disediakan jika perlu menancap flash drive atau mouse ekstensi. Tak lupa Siri built in.

Macbook air 2018 (cnet.com)

Urusan dapur pacu, MacBook Air yang baru memiliki CPU Intel Core-8 dan hingga 16GB RAM dan 1.5TB SSD. Beratnya sedikit kurang dari MacBook Air saat ini, yakni turun dari 1,34 menjadi 1,24 kilogram. Pioner petualangan generasi ketiga ini juga akan tersedia dalam warna baru yang sebelumnya sudah tersedia dengan MacBook Pro terbaru. Apple mematok harga laptop mereka dikisaran 18 juta rupiah untuk konfigurasi RAM 8GB / 128GB SSD.

Macbook Air 2018 (.imore.com)