Jadi Ikut Bangga, Ini Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil yang Spektakuler

Desain bangunan karya Ridwan Kamil ternyata tidak hanya ada di Indonesia, tetapi ada juga di luar negeri. Di mana saja ya? Yuk cari tahu!

Sebelum berkecimpung dalam dunia politik, Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat ternyata pernah mendalami dunia arsitektur. Bahkan desain bangunan karya Ridwan Kamil  berdiri hingga ke berbagai penjuru dunia.

Ayah dari Emmeril Kahn Mumtadz ini dulunya pernah mendirikan sebuah perusahaan jasa konsultan arsitektur, desain, dan tata ruang kota bernama Urbane. Tidak heran kalau ada sejumlah bangunan ikonik di Indonesia dan luar negeri yang merupakan rancangan dari Ridwan Kamil.

Biar enggak penasaran, berikut ini daftar desain bangunan karya Ridwan Kamil yang spektakuler!

1. Museum Tsunami Aceh

Desain bangunan museum ini merupakan pemenang sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional pada tahun 2007, dan diresmikan pada tahun 2009.  Yang menarik dari bangunan ini adalah spot sumur doa yang merupakan bangunan menjulang tinggi dengan lafadz Allah di atasnya dan dindingnya dihiasi dengan nama-nama korban meninggal ketika Tsunami Aceh.

2. Marina Bay Waterfront Master Plan

Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil (via Sejarah Lengkap)

Siapa sangka kalau proyek Marina Bay Waterfront Master Plan yang sangat ikonik di Singapura ini merupakan salah satu karya Ridwan Kamil. Bangunan ini berbentuk kapal yang berdiri kokoh di atas tiga gedung pencakar langit yang menyangganya.

3. Rumah Botol Bandung

Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil (via Wikipedia)

Bangunan yang terdiri dari 30 ribu botol bekas merupakan rumah Ridwan Kamil dan keluarga sebelum dilantik sebagai walikota Bandung. Saking uniknya, penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) pada 2009 diraih oleh Ridwan Kamil.

4. Masjid Syeikh 'Ajlin, Gaza

Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil (via Dream)

Selain museum dan gedung pencakar langit, Ridwan Kamil ternyata juga mendesain Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza. Masjid dibangun pada tahun 2021. Sebenarnya pada tahun 1957, masjid ini sudah pernah berdiri, namun hancur akibat serangan Israel pada tahun 2014.

Wah ternyata banyak yang desain bangunan karya Ridwan Kamil  yang spektakuler dan mendunia. Jadi ikut bangga nggak nih?

Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil (via ERA)