Sadari Sebelum Terlambat, Ini 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Harga Diri

Tanpa disadari, ada beberapa hal yang bisa menurunkan harga diri seseorang. Karenanya kita harus segera menyadari dan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Simak ulasannya!

Terlalu cuek pada lingkungan sekitar terkadang membuat jadi kamu enggak sudah melakukan kebiasaan buruk yang bisa menurunkan harga diri . Alih-alih menghentikannya, justru kebiasaan tersebut semakin sering kamu lakukan. Memang apa sih kebiasaan buruk tersebut?

Meski menurut kamu kebiasaan yang kamu lakukan itu adalah hal biasa, namun bagi orang lain perilaku tersebut sangat mengganggu. Nah agar kamu tidak terus-menerus melakukan kebiasaan buruk tersebut. Yuk kenali beberapa kebiasaan buruk yang bisa menurunkan harga diri berikut ini.

1. Selalu Merasa Benar

Kebiasaan buruk pertama adalah ketika kamu melakukan kesalahan namun dengan PD-nya kamu enggak merasa bersalah sama sekali dan tetap beranggapan bahwa kamu benar.

Wah, kebiasaan seperti ini harus segera dihentikan sebelum kamu dijauhi teman. Karena kamu menunjukkan bahwa kamu adalah orang egois dan ingin menang sendiri.

2. Mengkritik Orang Lain di Depan Umum

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Harga Diri (via Nara Times)

Meski mengkritik seseorang itu bertujuan agar orang tersebut menjadi lebih baik nantinya. Tapi jangan lakukan di depan umum. Hal tersebut sama saja mematikan karakter seseorang karena dia harus menanggung malu atas kritikan yang kamu sampaikan di depan banyak orang. Jadi alangkah lebih baiknya kalau kamu memberitahu kekurangannya melalui pesan singkat atau ajak dia bicara berdua.

3. Bicara Tidak Sopan

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Harga Diri (via KlikDokter)

Bicara tidak sopan dengan alasan apapun adalah kebiasaan buruk yang bisa menurunkan harga diri kamu. Meski emosi kamu sedang meluap-luap, sebisa mungkin kamu menahan diri untuk tetap berbicara dengan baik. Terlebih jika orang yang kamu hadapi adalah orang yang lebih tua.

Nah mulai sekarang yuk introspeksi diri lagi apa selama ini kamu melakukan kebiasaan buruk yang bisa menurunkan harga diriĀ  tadi. Jangan sampai menunggu semua teman menjauh baru kamu sadar diri.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Harga Diri (via Haibunda)