5 Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Cocok untuk Diet!

5 Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Cocok untuk Diet!

Terong dikenal sebagai salah satu sayuran yang kerap dijadikan lalapan. Nggak cuma itu, terong juga enak untuk dijadikan lauk dengan cara digoreng krispi. Namun, tahukah kamu kalau terong menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan? Hal tersebut dikarenakan terong mengandung banyak nutrisi yang membuatnya memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayuran dalam bentuk buah ini mempunyai rasa yang khas sehingga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu, terong juga merupakan salah satu sayuran yang cukup mudah didapatkan di pasaran. Lalu apa aja sih manfaat terong untuk kesehatan?

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi terong untuk kesehatan yang dilansir dari Very Well Fit:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Terong merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan. Salah satunya mengandung mineral yang dibutuhkan untuk beberapa fungsi dalam tubuh manusia, termasuk menjaga kesehatan tulang.

Terong juga mengandung mangan yang berinteraksi dengan nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan tulang, lho.

2. Mengurangi Kerusakan Sel

Terong mengandung berbagai jenis fitonutrien dalam jumlah yang cukup tinggi, terutama nasunin dan asam klorogenat yang dapat bermanfaat untuk membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kulit terong juga mengandung antosianin yang memberi warna ungu. Antosianin telah terbukti memiliki kekuatan antioksidan dengan memerangi stres oksidatif.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Nggak cuma itu aja, serat dalam terong dapat membantu menjaga sistem pencernaanmu tetap sehat. Serat adalah bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Kandungan tersebut membantu mengatur usus dengan mengatur pencernaan, penyerapan, dan metabolisme.

Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Cocok untuk Diet (KlikDokter)

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Manfaat mengkonsumsi terong lainnya adalah dapat mengurangi berbagai risiko penyakit seperti diabetes, kardiovaskular, tekanan darah tinggi, obesitas, dan lain-lain.

Dilansir dari Very Well Fit, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan kaya akan serat memiliki risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan jenis kanker tertentu yang lebih rendah.

5. Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira nih buat kamu yang lagi diet! Sebab, terong termasuk sayuran yang kaya nutrisi dengan kalori yang rendah. Oleh karena itu, terong sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet khususnya untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, terong juga mempunyai banyak serat yang dapat membatumu menjaga berat badan ideal dan terhindar dari obesitas.

Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Cocok untuk Diet (KlikDokter)