Gak Perlu Beli, Jajanan Rambut Nenek Bisa Dibikin Di Rumah, Gini Cara Mudah Membuatnya!

Resep rambut nenek, jajanan manis yang banyak digemari ternyata bisa dibuat di rumah.

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan jajanan  rambut nenek. Makanan manis yang juga dikenal gulali tepung ini terbilang legendaris karena sudah ada cukup lama. Akan tetapi, kini cukup sulit untuk menemukan penjual rambut nenek. Padahal dahulu, banyak pedagang keliling kampung menjajakan rambut nenek.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa membuat jajanan rambut nenek sendiri di rumah dengan bahan utama yang cukup mudah yakni gula dan tepung. Lantas bagaimana caranya? Berikut resep rambut nenek lengkap dengan cara pembuatannya yang dirangkum dari YouTube Fun Cooking with Yackikuka.

Bahan-bahan Rambut Nenek:

-    5 sdm Tepung Ketan atau Tepung Beras

-    5 sdm atau 50 gram Gula Pasir

-    5 sdm atau 40 ml Air  

-    Secukupnya Pewarna Makanan sesuai selera (opsional)  

-    1/2 sdt perasan jeruk nipis

Cara Membuat Rambut Nenek:

Foto: Rambut Nenek (YouTube/Fun Cooking with Yackikuka)

1.    Masak tepung ke teflon di atas api sedang. Sangrai sampai harum atau selama 10-15 menit. Setelahnya matikan kompor.

2.    Sisihkan terlebih dahulu ke wadah yang lebar. Diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu tepungnya dingin buat adonan gulali.

3.    Masukkan gula pasir dan air di teflon yang sudah bersih. Tambahkan perasan jeruk nipis. Komposisi ini penting yang tidak boleh dilewatkan

4.    Setelahnya, tambahkan pewarna makanan secukupnya sekitar 1 atau 2 tetes jika memang kamu menginginkannya. Pewarna ini boleh kamu lewatkan jika tidak suka.

5.    Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, masak sampai mengental kira-kira 3-5 menit.

6.    Pastikan kematangan harus pas. Jika terlalu encer maka adonan akan sulit dibentuk. Sementara terlalu lama justru akan membuat gulali menjadi pahit

7.    Adapun ciri gula sudah siap yakni mulai berubah menjadi warna kuning muda. Selain itu, saat diteteskan gula akan berbentuk tetesan embun.

8.    Kalau sudah cukup kental dan berbusa, matikan kompor. Aduk terus adonan gula walaupun kompor sudah dimatikan.

9.    Pindahkan adonan ke wadah anti lengket. Ciri lainnya yang menjadi tanda adonan gula siap digunakan adalah setelah dingin, adonan tidak lengket di tangan.

10.    Balur adonan gula dengan tepung dan buat lubang di tengahnya. Tarik terus adonan sambil sesekali dilipat. Lakukan terus sampai adonan berubah seperti rambut. Rambut nenek pun siap disantap.

Foto: Rambut Nenek (YouTube/Fun Cooking with Yackikuka)