Cara Menolak Permintaan Orang Lain Tanpa Menyakiti Hati, Nggak Bakal Sungkan Deh!

Seringkali kita tidak bisa bilang tidak dengan alasan sungkan atau tidak enak hati. Yuk coba simak tips cara menolak permintaan orang lain berikut ini!

Seringkali kita tidak bisa menolak permintaan orang lain dengan alasan sungkan atau tidak enak hati. Padahal kalau permintaan tersebut memberatkan, sebenarnya tidak mengapa untuk ditolak. Ada kok cara menolak permintaan orang lain dengan sopan sehingga tidak menyakitkan. Yuk coba beberapa tips  dalam ulasan berikut ini!

1. Minta Maaf

Hal pertama yang bisa kamu lakukan  adalah dengan mengatakan maaf sebelum menolak permintaan tersebut.  Hal ini akan membuat orang tersebut tahu bahwa permintaannya akan ditolak. Tapi dengan mendengat kata maaf terlebih dahulu, maka hatinya akan melunak dan tidak sakit hati meski permintaannya tidak terkabulkan.

2. Selipkan Candaan

Cara Menolak Permintaan Orang Lain (via Bola)

Tidak ada penolakan yang tidak menyakitkan, jadi sebisa mungkin selipkan candaan saat kamu menolak permintaan tersebut. Percayalah, humor atau candaan bisa meredakan canggung dan ampuh dalam mengalihkan pembicaraan.

3. Beri Alasan Logis

Ketika kamu tidak bisa memenuhi permintaan seseorang, sebaiknya berikan alasan yang jujur dan logis. Karena dengan begitu, dia bisa menerimanya dengan baik meski kecewa.

4. Berikan Pujian

Cara Menolak Permintaan Orang Lain (via Yahoo)

Selain menyelipkan candaan dan memberikan argumen yang logis, kamu juga bisa sedikit memuji lawan bicara kamu agar dia tidak sedikit kecewa. Paling tidak ada hal baik tentang dirinya yang bisa mencairkan suasana.

5. Beri Solusi

Jika kamu tidak bisa memenuhi permintaan seseorang, ada baiknya kamu mencari solusi lain yang berhubungan dengan permintaannya. Dengan begitu, tidak ada yang dirugikan di kedua belah pihak.

Itulah beberapa tips  yang bisa kamu lakukan jika sedang berusaha berkata tidak pada permintaan orang lain. Jadi jangan merasa sungkan lagi, ya. Coba lakukan cara menolak permintaan orang lain tadi, dengan begitu kamu tidak akan merasa terbebani lagi.

Cara Menolak Permintaan Orang Lain (via Parapuan)