Mengenal ‘Mengayun’, Prosesi yang Dilakukan UAS untuk Sang Anak

Mengenal ‘Mengayun’, Prosesi yang Dilakukan UAS untuk Sang Anak

Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Fatimah Az Zahra telah dikaruniai seorang bayi laki-laki pada bulan Februari 2022 lalu. Kini, pasangan tersebut diketahui telah menggelar prosesi mengayun  untuk mendoakan yang terbaik untuk sang anak.

Momen prosesi mengayun itu terungkap lewat unggahan di media sosial UAS. Dia mengunggah sejumlah foto yang menunjukkan suasana acara tersebut. Tampak sang bayi, istri UAS, dan sejumlah orang dekat ikut hadir dalam acara tersebut.

Pada kolom caption, UAS juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan prosesi mengayun. Rupanya nama dari tradisi tersebut berasal dari Melayu, dan dilakukan untuk mendekatkan anak dengan Alquran. Isinya pun tak lain adalah pembacaan kitab suci untuk sang bayi.

“Mengayun Anak. Begitu namanya diberi orang Melayu. Isinya: pembacaan ayat suci al-Qur'an, membaca syair Mawlid al-Barzanji (disusun Imam Abu Ja'far al-Barzanji dari kota al-Madinah al-Munawwarah), Marhaban dan do'a,” demikian UAS membuka ulasan tentang prosesi yang dilakukannya.

Prosesi Mengayun Anak UAS (Instagram @ustadzabdulsomad_official)

“Kalau anak didekatkan dengan al-Qur'an, hidupnya punya panutan. Kalau anak diajarkan cinta Nabi, hidupnya tak pentingkan diri sendiri. Kalau anak diayun dengan do'a, dia berbakti pada orang tua. Kalau anak dikumpulkan dalam silaturrahim, besarnya menjadi orang yang alim,” lanjutnya.

Selain itu, UAS juga memberikan kata-kata yang menyarankan agar orangtua memperkenalkan anak pada adat agar kelak bisa hidup dengan rahmat. “Kenalkan anak pada adat istiadat, supaya besarnya dalam rahmat,” lanjut UAS.

Prosesi Mengayun Anak UAS (Instagram @ustadzabdulsomad_official)

Momen prosesi mengayun  yang dilakukan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Fatimah Az Zahra ini sontak menuai reaksi warganet. Mereka ikut mendoakan agar sang bayi tumbuh menjadi sosok yang saleh dan berbakti pada orang tua.

Prosesi Mengayun Anak UAS (Instagram @ustadzabdulsomad_official)