Jangan Sembarangan! Begini Lho Etika Menggunakan Toilet Umum

Toilet umum artinya bukan milik sendiri, ini etika menggunakan toilet umum yang harus dipahami banyak orang sehingga tidak seenaknya sendiri.

Menggunakan fasilitas umum, contohnya seperti toilet memang tidak boleh sembarangan. Ada etika menggunakan toilet umum  yang harus diperhatikan demi kenyamanan bersama. Namanya saja toilet umum, artinya bukan milik sendiri, jadi kamu enggak boleh seenaknya sendiri.

Pengalaman tidak mengenakkan yang terjadi di toilet umum sudah banyak terjadi. Entah dari segi kebersihan, keamanan, hingga fasilitas. Nah biar sama-sama nyaman, berikut ini etika menggunakan toilet umum yang harus kamu tahu.

1. Antre Dengan Tertib

Kalau yang satu ini tentu hal yang wajib ya. Risiko menggunakan toilet umum adalah mengantre. Maka mengantrelah dengan tertib dan jangan menyerobot. Itu termasuk tindakan tidak sopan dan sangat mengganggu.

2. Mengunci Pintu

Etika Menggunakan Toilet Umum (via Mommyasia)

Karena ini adalah ranah umum maka mengunci pintu saat kamu menggunakan toilet itu wajib. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan privasi kamu selama berada di dalam toilet. Selain itu, ini juga menghindari orang yang suka membuka pintu sembarangan tanpa mengetuk terlebih dahulu.

3. Jaga Kebersihan

Etika Menggunakan Toilet Umum (via Liputan6)

Menjaga kebersihan juga termasuk dalam etika menggunakan toilet umum. Misalnya seperti menyiram sampai bersih setelah buang air kecil atau buang air besar dan membuang sampah pada tempatnya.

Karena ini adalah fasilitas bersama, maka jangan sampai pengguna toilet berikut terganggu karena ulah kita.

4. Jangan Lama-Lama

Etika Menggunakan Toilet Umum (via JawaPos)

Menggunakan toilet umum terlebih di tempat yang ramai pengunjung seperti Mall sebaiknya jangan terlalu lama. Kamu juga harus memikirkan pengguna yang lain. Gunakan toilet seperlunya dan secepat mungkin agar antrian tidak mengular terlalu panjang.

5. Jawab dengan Sopan

Etika Menggunakan Toilet Umum (via Suara)

Ketika kamu menggunakan toilet umum kemudian ada yang mengetuk karena dirasa terlalu lama, maka jawablah dengan sopan. Jangan membentak atau berkata kasar.

Mengingat ini adalah fasilitas umum, jika kamu membutuhkan waktu lama di dalam coba jelaskan perlahan. Agar pengunjung lainnya tidak tersinggung.

Nah, itu tadi etika menggunakan toilet umum  yang harus kamu tahu. Meski hanya toilet, tapi etika tetap harus dijaga demi kenyamanan bersama, ya.

Etika Menggunakan Toilet Umum (via Travel-Tempo)